4 CARA ATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH

February 13, 2024 | Dea

cara mengatasi hidung mampet, mengatasi hidung mampet, cara mengatasi hidung mampet sebelah, cara mengatasi hidung mampet pada bayi, cara mengatasi mampet hidung, yesdok

Sobat Yesdok, Hidung tersumbat sebelah adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak hal dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ini, mulai dari alergi hingga infeksi saluran pernapasan atas. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang efektif untuk meredakan dan mengembalikan kenyamanan anda. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

4 Cara Atasi Hidung Mampet

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hidung mampet sebelah, antara lain:
 

1. Istirahat dan Minum Banyak Cairan

Memberikan istirahat yang cukup untuk tubuh adalah cara pertama untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah. Tubuh akan melawan infeksi atau alergi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, untuk membuat pernapasan lebih mudah, cairan, seperti air putih atau teh hangat, akan melunakkan lendir yang menghalangi saluran pernapasan.
 

2. Gunakan Pelembab atau Inhaler Nasal

Obat yang dikenal sebagai pelembab atau inhaler nasal berfungsi untuk membuka saluran pernapasan yang tersumbat dan melembutkan lendir hidung. Anda dapat menggunakan produk ini sesuai petunjuk yang tercantum pada kemasan, hidung tersumbat sebelah biasanya dapat diatasi dengan cepat dan efektif dengan pelembab atau inhaler nasal.
 

3. Kompres Hangat

Untuk meredakan hidung tersumbat sebelah, gunakan handuk hangat untuk memijat area di sekitar hidung dan sinus. Melonggarkan lendir yang menghalangi saluran pernapasan dengan panas kompres akan membantu aliran udara yang lebih baik. Untuk mendapatkan sensasi yang nyaman, lakukan kompres hangat selama beberapa menit beberapa kali sehari.
 

4. Coba Teknik Pembersihan Hidung

Metode pembersihan hidung seperti irigasi hidung dengan larutan saline atau menggunakan neti pot dapat membantu membersihkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Namun, pastikan anda menggunakan air yang bersih dan larutan saline yang aman saat melakukan irigasi hidung.

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.verywellhealth.com/what-to-do-about-your-stuffy-nose-1192155

https://medlineplus.gov/ency/article/003049.htm

https://www.webmd.com/cold-and-flu/5-ways-get-rid-stuffy-nose

YesDok Ads