Yuk, Simak Mitos dan Fakta Seputar Air

March 17, 2020 | Claudia

Air putih

Air merupakan komponen utama dalam tubuh kita, sekitar 60% tubuh kita terisi cairan. Oleh karena itu, kita semua membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Ada banyak mitos yang beredar seputar air. Sayangnya, mitos ini lebih banyak dipercaya ketimbang fakta sesungguhnya yang tersimpan. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan sejumlah mitos seputar air yang sebaiknya tak lagi Anda percaya, apa saja?

Mitos: Air berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh

Sebenarnya organ ginjal yang memiliki peran utama untuk membuang limbah dan racun dari dalam tubuh, bukan minum air semata. Namun, jika Anda tidak cukup minum air, ginjal akan kesulitan menjalani fungsinya dalam membuang limbah dan racun keluar dari tubuh.

Mitos: Banyak minum air dapat menjaga kelembapan kulit

Beberapa masalah kesehatan, menyebabkan Anda memiliki kondisi kulit yang kering, tak peduli sebanyak apapun air yang Anda minum. Jadi, kesehatan tubuh dan kulit lah yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kelembapan alami di kulit.

Mitos: Air dapat menurunkan berat badan

YesDok Ads

Minum air saja, tak cukup untuk membuat Anda turun berat badan. Akan tetapi, daripada meminum minuman lain yang penuh kalori, tentu saja minum air putih lebih sehat untuk tubuh Anda. Lagipula, minuman bergula justru akan menambah berat badan Anda, jadi tetap saja air putih lebih baik untuk diminum meski tak memberikan pengaruh apapun terhadap berat badan Anda.

Mitos: Urine berwarna kuning, tanda dehidrasi

Banyak orang yang menyangka jika urinenya berwarna kuning, maka ia pasti mengalami dehidrasi. Namun, urine yang berwarna kuning tak selalu pertanda dehidrasi. Urine dengan warna kuning gelap yang tidak normal yang bisa menjadi tanda dehidrasi.

Mitos: Saat olahraga, konsumsi minuman berenergi lebih baik daripada air putih 

Sebenarnya, minuman berenergi tak banyak membantu dalam proses hidrasi tubuh Anda. Air putih adalah minuman terbaik yang dapat membantu proses mengangkut nutrisi dan energi ke seluruh tubuh, dan untuk menurunkan panas tubuh. Selain itu, minuman berenergi juga tak disarankan untuk diminum saat Anda melakukan latihan fisik sehari-hari. Air putih adalah minuman terbaik untuk mengisi ulang cairan yang hilang dalam tubuh saat berolahraga.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads