Diet
+1

Yuk, Lebih Sehat dengan Makanan Pembersih Paru-Paru Ini

November 22, 2022 | Claudia

Makanan Pembersih Paru-Paru

Membersihkan paru-paru dapat bermanfaat untuk perokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan orang-orang yang memiliki penyakit kronis, yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis kistik. Ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang patut dicoba untuk Anda yang dalam kondisi-kondisi tersebut.

Anda dapat membersihkan paru-paru untuk meningkatkan kesehatannya. Cara terbaik untuk memastikan kesehatan paru-paru adalah dengan menghindari racun berbahaya seperti asap rokok dan polusi udara. Selain itu, Anda juga bisa menjalani gaya hidup yang sehat seperti olahraga rutin dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang patut Anda coba, seperti:

Jahe

Salah satu makanan pembersih paru-paru yang juga umum digunakan untuk mengatasi batuk dan pilek adalah jahe. Ini karena jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasinya. Jahe membantu dalam menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, beta-karoten, dan seng dalam jahe, dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Kunyit

Selain jahe, kunyit juga menjadi makanan pembersih paru-paru yang bisa diandalkan. Kunyit membantu mengurangi peradangan dan napas sesak yang disebabkan oleh penyakit pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit dapat membantu membersihkan paru-paru secara alami. Ini juga dapat membantu membangun sistem kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh.

YesDok Ads

Madu

Madu adalah pemanis alami yang juga terkenal akan sifat antibakterinya, sehingga dapat membantu dalam mengatasi masalah pernapasan. Madu dapat membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. Sebagai makanan pembersih paru-paru, satu sendok madu yang dicampur dalam segelas air hangat dapat membantu meredakan pilek dan batuk, juga memastikan kesehatan paru.

Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa kuat yang disebut allicin. Senyawa ini berfungsi sebagai antibiotik dna membantu mengatasi infeksi pernapasan. Bawang putih dapat membantu meringankan sesak napas akibat adanya sumbatan pada saluran pernapasan. Ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko kanker paru-paru. Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk seseorang dengan riwayat kondisi asma.

Teh hijau

Mulai dari membantu penurunan berat badan hingga mengurangi peradangan, teh hijau memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya juga sebagai makanan pembersih paru-paru. Mengonsumsi teh hijau dua kali sehari dapat sangat baik untuk memastikan kondisi paru-paru tetap dalam keadaan baik.

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads