Yuk Ketahui Manfaat Olahraga Saat Menstruasi

March 12, 2023 | Aqiyu

Malas Olahraga Saat Menstruasi? Yuk Ketahui Manfaatnya

Rasa nyeri yang muncul saat menstruasi terkadang sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Rasa nyeri saat menstruasi memang tidak nyaman, inilah yang membuat jadi malas berolahraga. Padahal banyak manfaat baik olahraga saat menstruasi untuk kesehatan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak bergerak saat menstruasi dapat membuat wanita menjadi lebih baik dan mampu mengurangi rasa sakit yang timbul. Artinya, semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri akan semakin berkurang. Dengan begitu, olahraga dapat dilakukan saat menstruasi. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga yang intensitasnya ringan. Misalnya berjalan kaki, yoga, menari, pilates dan bersepeda. Berikut ini manfaat olahraga saat menstruasi yang wajib Anda ketahui:

Melancarkan menstruasi

Aliran darah yang terhambat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat melancarkan darah dalam tubuh. Apalagi jika olahraga ini dilakukan saat menstruasi, tentu sangat membantu melancarkan haid. Inilah alasan kenapa rutin olahraga dapat membantu mengatasi masalah sirkulasi darah dan efek tenang pada tubuh.

Mengurangi nyeri haid

Seperti dikatakan sebelumnya, jika wanita bisa mengalami nyeri pada perut saat haid dan hal tersebut sangat mengganggu. Olahraga saat menstruasi bisa meningkatkan efektivitas dari sirkulasi darah yang mampu mengurangi nyeri akibat hilangnya darah. Pilihlah olahraga ringan yang dapat mengurangi rasa sakit dan terhindar dari kram perut.

YesDok Ads

Memperbaiki suasana hati

Pernah mendengar tentang wanita yang sangat sensitif dan mudah marah saat menstruasi? Ya, hal tersebut benar adanya. Perubahan mood atau suasana hati menjadi tidak stabil saat menstruasi akibat hormon. Dengan olahraga dapat membantu melepaskan hormon endorphin yang dikenal sebagai peningkat suasana hati sehingga dapat melepaskan pikiran Anda dari nyeri menstruasi dan rasa tidak nyaman.

Menjaga suhu tubuh

Mencegah lemas dan lesu saat menstruasi, Anda bisa mengatasinya dengan cara berolahraga. Aktivitas fisik ini membuat suhu tubuh terjaga keseimbangannya. Suhu tubuh wajib dijaga dengan baik karena sangat berkaitan erat dengan kebugaran tubuh. Maka dari itu olahraga ringan bisa menyimpan panas lebih lama saat menstruasi dimana suhu tubuh menurun.

(Foto: Netdoctor)

YesDok Ads