0 Point

Yuk, Kenal Lebih Jauh dengan Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu kanker terbanyak yang dialami pria, dengan jumlah angka kejadian terbanyak ke-4 di seluruh dunia. Di Indonesia pun, kanker prostat juga menempati urutan ke-4, dengan jumlah penderita diperkirakan ada sebanyak 25.012.

Sayangnya, sebagian besar pasien didiagnosis pada stadium lanjut, karena kurangnya kesadaran untuk deteksi dini kanker prostat di Indonesia. Padahal, jika sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya deteksi dini kanker prostat, ini akan membawa tingkat keberhasilan pengobatan menjadi lebih tinggi.

Risiko kanker prostat meningkat, pada pria dengan usia lebih dari 50 tahun, atau pria yang berada di atas usia 45 tahun yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker prostat.

Sebagian besar pasien, tidak menyadari bahwa sudah ada gejala kanker prostat yang muncul di tubuh mereka. Gejala terkadang baru dirasakan ketika kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya.

Beberapa gejala kanker prostat yang harus diwaspadai ialah:

  • Gangguan berkemih
  • Adanya darah pada urine
  • Pembesaran kelenjar getah bening di sekitar prostat
  • Penurunan berat badan
  • Nyeri tulang saat sel kanker telah menyebar ke tulang
  • Mati rasa atau lemas pada kaki ketika sel kanker sudah menyebar ke sumsum tulang belakang

Gejala kanker prostat memang tidak khas, dan bahkan bisa menyerupai keluhan penyakit lain. Unu kerap kali membuat kanker prostat baru terdeteksi saat sudah dalam stadium lanjut. Untuk itulah, pemeriksaan dini pada kanker prostat dinilai sangat penting, agar mencegah meningkatnya angka kejadian kanker prostat dan tentu saja, meningkatkan keberhasilan pengobatan kanker prostat.

Beberapa deteksi dini yang bisa dilakukan untuk memeriksa kanker prostat yakni:

  • Colok dubur
  • Pemeriksaan darah PSA
  • Biopsi prostat

Kanker prostat bisa memengaruhi seseorang yang berada di bawah usia 45 tahun. Dan makin muda umur seseorang yang ditemukan dengan kanker prostat, makin ganas pula kanker prostat yang menyerang. Jadi, jangan segan lakukan deteksi dini kanker prostat, jika beberapa gejala sudah Anda rasakan dan mulai meresahkan.

(Foto: health.harvard.edu)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok