Yuk Dicoba! Pilihan Makanan Manis yang Sehat untuk Dikonsumsi

November 04, 2022 | Helmi

makanan manis sehat

Makanan manis memang memiliki kenikmatan tersendiri. Tidak sedikit juga pilihan cemilan manis yang bisa dikonsumsi saat waktu senggang. Tetapi, tentu ini bukan pilihan yang sehat. 

Kebanyakan cemilan manis dibuat dengan gula dan pemanis buatan, yang tentunya kurang baik untuk kesehatan.

Terlalu sering makan makanan manis tentu meningkatkan risiko naiknya berat badan hingga diabetes. Buat Anda yang suka mengonsumsi makanan manis, berikut ini terdapat pilihan makanan manis yang sehat.

Buah segar

Buah segar dikemas dengan vitamin dan mineral yang membantu fungsi tubuh Anda. Buah seperti semangka, melon, alpukat dan lainnya menawarkan rasa manis alami dan pastinya lebih sehat untuk dikonsumsi.

Coklat hitam

YesDok Ads

Setengah ons cokelat hitam hanya mengandung dua gram gula. Tapi jangan khawatir, rasanya kaya dan cukup kuat untuk memuaskan keinginan Anda makan makanan manis. 

Cokelat hitam juga sarat dengan bahan kimia alami tanaman yang disebut flavanol yang dapat membantu melindungi jantung Anda. 

Sereal

Sereal bisa dijadikan pilihan camilan yang enak dan sehat. Tambahkan dengan susu rendah lemak atau susu nabati tanpa pemanis. Pastikan untuk memilih yang 100% gandum utuh dengan tidak lebih dari 6 gram gula per sajian. Anda masih akan mendapatkan banyak rasa manis, bersama dengan vitamin, mineral, dan serat.

Kurma

Kurma mengandung banyak gula alami yang menghadirkan rasa manis di dalamnya. Buah yang memiliki tekstur kering ini memiliki rasa seperti karamel dan mengandung serat, vitamin B6, dan mineral seperti potasium dan mangan. Tetapi jika Anda menderita diabetes, berhati-hatilah dengan jumlah yang Anda makan.

YesDok Ads