Yuk, Cari Tahu Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

June 17, 2022 | Claudia

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Bayi mudah mengalami perut kembung. Ini semua lantaran sistem pencernaan dalam tubuh bayi yang belum berfungsi secara sempurna. Seiring bertambahnya usia, terlebih ketika bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI, ia akan mencoba banyak makanan berbeda. Makanan-makanan ini bisa saja membuat perutnya menjadi kembung.

Orang tua harus bisa mengenali tanda-tanda perut kembung pada bayi. Anda bisa mencoba menekan perutnya sedikit dan rasakan, apakah perut bayi mengeras? Jika ya, ini bisa menjadi pertanda bahwa bayi mengalami perut kembung. Bayi yang perutnya kembung juga biasanya terus rewel tanpa alasan yang jelas. Jika Anda melihatnya terlalu sering mengangkat kakinya ke arah dada, menggeliat atau melengkungkan punggungnya ke belakang, dan sering kentut, maka bisa jadi bayi Anda alami perut kembung.

Tak hanya harus mengetahui tanda-tanda perut kembung pada bayi, orang tua sebaiknya juga tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah ketika si kecil alami perut kembung:

Memijat perut bayi

Anda bisa mencoba memijat perut bayi jika ia mengalami perut kembung. Caranya, letakkan bayi dalam posisi tidur telentang. Setelahnya, Anda bisa menggunakan minyak telon untuk memijat bagian perut bayi dengan lembut. Cobalah pijat dengan gerakan memutar searah jarum jam. Pijatan lembut ini bisa membantu merelaksasi perut bayi yang kembung, selain itu, sensasi hangat yang dihasilkan oleh minyak telah juga membantu meredakan perut kembung yang dialami oleh bayi.

Mengusap punggung bayi

YesDok Ads

Masih ada sisa minyak telon di tangan Anda usai memijat perut si kecil? Anda bisa menggunakannya untuk mengusap punggung bayi dengan lembut. Letakkan bayi di atas kedua paha Anda, dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup. Usap-usap punggung bayi secara perlahan sampai ia merasa relaks. Rasa hangat dari sisa-sisa minyak telon juga bisa membantu memberikan kenyamanan pada bayi.

Menggerakan kaki bayi seperti sedang mengayuh

Selain memijat dan mengusap punggungnya, Anda juga bisa menggerakkan kaki bayi untuk meredakan perut kembung yang dialaminya. Caranya mudah, letakkan bayi di kasur dalam posisi telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini bisa membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.

Berikan ASI atau MPASI sebelum bayi lapar

Cobalah untuk memberikan bayi ASI atau MPASI sebelum ia merasa lapar. Saat bayi menangis akibat kelaparan, ia bisa menelan angin lebih banyak, sehingga lebih rentan mengalami perut kembung.

(Foto: baby-chick.com)

YesDok Ads