Yoga Bantu Atasi Depresi Saat Pandemi

June 26, 2021 | Iman

Yoga di Rumah

Meningkatnya kembali kasus Covid-19 membuat masyarakat kembali khawatir terhadap situasi saat ini, ditambah banyaknya pemberitaan mengenai varian baru dari virus tersebut yang dikatakan lebih mudah menular.

Banyaknya pemberitaan dan situasi yang kurang kondusif, tidak jarang membuat seseorang mengalami depresi dan ketakutan yang berlebihan. Oleh sebab itu diperlukan ketenangan diri dan kesehatan mental di masa pandemi seperti saat ini.

Selain itu, Seseorang juga harus selalu aktif bergerak sejak dini hingga lanjut usia untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh. 

Dengan aktif bergerak, sistem gerak tubuh seperti tulang, sendi, dan otot pun bisa berfungsi dengan baik, sehingga akan menjadi investasi kesehatan di masa depan agar terhindar dari risiko terkena penyakit tidak menular.

Kini meski dalam masa pandemi, perilaku hidup sehat aktif dan pemenuhan asupan nutrisi harus tetap dilakukan. Mengingat Work From Home kembali diterapkan dan mobilisasi diperketat, olahraga di rumah bisa jadi solusi terbaik dan anda bisa mencoba olahraga Yoga.

Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang. Rutin melakukan yoga akan mengasah fokus, dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental. 

Dari sisi kesehatan, yoga bermanfaat dalam membuat otot menjadi lebih kuat dan meningkatkan fleksibilitas serta keseimbangan tubuh.

Menurut studi pada International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 2019, yoga bahkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang (termasuk lansia) karena dapat mengurangi despresi (stress dan kecemasan), memperbaiki kualitas tidur, serta meningkatkan kebugaran dan mobilitas. 

YesDok Ads

Agar manfaat yoga dapat diterima oleh tubuh secara optimal, perlu persiapan yang baik, termasuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing dan dukungan berbagai asupan nutrisi yang bisa mendukung kekuatan tulang, sendi dan otot seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan juga protein, serta nutrisi tambahan seperti magnesium, zinc dan kalium bagi lansia.

Untuk menurunkan risiko terjadinya cedera akibat yoga, sangat penting untuk setiap orang melakukan berbagai gerakan yoga sesuai kemampuan masing-masing dan jangan memaksakan diri bila timbul rasa nyeri saat mencoba melakukan suatu gerakan.

Yoga juga aman dilakukan setiap hari dan dapat dilakukan di pagi hari saat tubuh masih segar ataupun pada sore atau malam hari agar tubuh jadi lebih rileks setelah seharian bekerja/beraktivitas. 

Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan agar yoga dapat memberikan manfaat secara optimal dengan risiko cedera yang lebih rendah, maka yoga perlu dilakukan secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu. 

Yoga tidak membutuhkan banyak alat, dan tidak menggunakan waktu yang banyak sehingga menjadi pilihan olahraga yang baik untuk tetap bisa dilakukan sambil work from home. 

Yoga bisa dilakukan 3 hingga 5 kali seminggu, agar badan menjadi lebih rileks, pikiran lebih tenang, dan kekuatan tulang, otot dan kelenturan sendi tetap terjaga. 

Agar tetap aktif melakukan yoga, perlu didukung juga dengan asupan nutrisi seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan protein sehingga tubuh tetap sehat dan aktif hingga hari tua.

YesDok Ads