World Diabetes Day 2022: Tips Mencegah Diabetes pada Anak

November 14, 2022 | Helmi

world diabetes day 2022

World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 November untuk menyoroti dan mengingatkan kepada kita semua tentang masalah dari penyakit kronis tersebut. 

Hari itu diusulkan oleh Federasi Diabetes Internasional pada tahun 1991 dengan dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia dan menjadi Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa resmi pada tahun 2006.

Hari ini diperingati sebagai World Diabetes Day 2022. Meskipun dikenal sebagai penyakit orang dewasa, diabetes sekarang menjadi lebih umum pada anak-anak berusia 10 hingga 18 tahun. Namun, dapat dicegah dan dinormalkan jika ditangani dengan tepat. 

Selama dua dekade terakhir, diamati bahwa lebih banyak anak antara usia 11 – 15 tahun didiagnosis dengan diabetes tipe 2. 

Pubertas menempatkan anak-anak yang lebih muda pada risiko yang lebih tinggi karena mereka mengalami percepatan pertumbuhan, yang meningkatkan rasa lapar sepanjang waktu dan menyebabkan kenaikan berat badan secara teratur selama periode ini, selain itu, mereka mengalami perubahan hormonal, yang dapat membuat tubuh mereka lebih resisten terhadap insulin.

Ada tanda-tanda peringatan tertentu untuk diabetes, seperti kenaikan berat badan yang tidak normal dan Indeks Massa Tubuh (BMI) di atas 85 persen yang mengindikasikan mereka berisiko terkena diabetes tipe 2. 

YesDok Ads

“Di sisi lain, penurunan berat badan yang tidak terduga juga menjadi perhatian karena merupakan tanda insulin tidak mencukupi yang berarti tubuh membakar lemak untuk mendapatkan energi,” kata Dr Rakesh Kumar Prasad, Konsultan Senior, Ahli Endokrinologi, Rumah Sakit Fortis Noida.

Dr. Rakesh juga membagikan sejumlah tips untuk mengatasi diabetes dan mengembalikkan efeknya pada anak:

Tips Mengatasi Diabetes pada Anak

  • Pencegahan diabetes membutuhkan banyak disiplin dalam kebiasaan makan dan olahraga.
  • Makan sehat dan berolahraga adalah kunci untuk membalikkan atau mencegah diabetes tipe 2 sama sekali.
  • Makan banyak sayuran, sambil mengurangi porsi karbohidrat.
  • Berolahraga setidaknya satu jam atau berlatih olahraga apa pun secara teratur selama satu jam sehari akan membantu membalikkan diabetes

Hal-hal yang dapat mengubah dan membalikkan penyakit diabetes pada anak adalah:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Makan sehat, perbanyak sayuran berdaun hijau, buah-buahan dan juga penting bahwa saat makan TV / gadget elektronik lainnya dengan layar harus dimatikan
  • Menghindari gula dalam bentuk apapun termasuk minuman manis
  • Berolahraga secara teratur setidaknya selama satu jam
  • Membatasi waktu layar mereka
  • Memiliki 6 jam tidur tanpa gangguan

Untuk membantu Anda mencegah diabetes pada diri sendiri atau pada anak, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan para dokter spesialis, seperti Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Gizi, Spesialis Kedokteran Olahraga atau Dokter Umum.

Anda bisa dengan mudah melakukan konsultasi melalui aplikasi YesDok. Melalui aplikasi YesDok, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter profesional yang Anda butuhkan di mana saja dan kapan saja.

YesDok Ads