WHO Sarankan untuk Mencuci Buah dan Sayur Selama Pandemi Corona

April 29, 2020 | Helmi

sayur buah

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pakar kesehatan lainnya, mencuci buah dan sayuran Anda sangat penting selama masa pandemi virus corona ini. Tetapi bagaimana cara yang benar untuk mencucinya? Ini yang perlu Anda ketahui.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjaga kesehatan dalam kondisi prima itu penting, meski dalam pandemi virus corona atau tidak. Karena itu, salah satu caranya adalah kita harus makan dengan sehat. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup.

Buah-buahan dan sayuran yang kita bawa pulang dari pasar swalayan harus disanitasi untuk memastikan mereka aman untuk dimakan. Jadi bagaimana Anda melakukannya?

Nah, menurut sebuah posting yang dibuat oleh WHO, "cucilah dengan cara yang sama seperti Anda mencucinya dalam keadaan apa pun."

Ini berarti bahwa sebelum memegangnya, tangan Anda harus bersih terlebih dahulu. Lakukan ini dengan mengeringkannya di bawah air hangat dan sabun biasa selama sekitar satu menit, memastikan semuanya bersih.

YesDok Ads

Setelah itu, cuci buah-buahan dan sayuran dengan seksama dengan air bersih juga, terutama jika Anda berencana untuk memakannya mentah. Menyimpannya di tempat yang terpisah tidak terlalu penting tetapi direkomendasikan saat ini untuk keamanan ekstra, terutama jika Anda tinggal bersama anak-anak.

Ketika Anda keluar berbelanja, pastikan Anda juga berlatih menjaga jarak sosial dan menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda sebanyak mungkin. Jika Anda bisa, bersihkan barang-barang yang perlu Anda pegang juga, seperti keranjang atau bahkan troli belanja.

Pastikan Anda membuang wadah yang Anda gunakan untuk belanjaan di tempat sampah dan segera cuci tangan Anda saat pulang. Menurut beberapa ahli gizi, memastikan bahwa anggota keluarga yang paling sehat adalah yang pergi berbelanja juga merupakan ide bagus.

(Foto: Kent Ro)

YesDok Ads