Waspadai 8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita Ini!

September 21, 2022 | Claudia

Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Serangan jantung merupakan salah satu masalah kesehatan fatal, yang patut diwaspadai karena bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, wanita disebut memiliki risiko kematian lebih besar akibat serangan jantung daripada pria. Mengenali tanda-tanda dan gejala serangan jantung menjadi hal penting untuk bisa mengantisipasi kondisi ini, jadi, apa saja gejala serangan jantung pada wanita?

Umumnya, wanita cenderung mengalami serangan jantung tanpa gejala atau mungkin menunjukkan gejala yang tidak biasa. Penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami gejala serangan jantung selama beberapa minggu, sebelum datangnya serangan.

Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2003 dan dilakukan pada 515 wanita yang pernah mengalami serangan jantung melaporkan, 80 persen wanita memiliki paling tidak 1 gejala setidaknya 4 minggu sebelum terjadinya serangan jantung.

Gejala serangan jantung bisa saja muncul terus-menerus atau mungkin hilang-timbul. Selain itu, gejala yang muncul juga bisa mengganggu tidur seseorang.

Karena setidaknya ada satu gejala serangan jantung yang mungkin muncul sebelum terjadinya serangan, maka wanita perlu sekali untuk mengenali dan memahami apa saja gejala serangan jantung tersebut, sehingga ia bisa mengambil langkah yang tepat ketika gejala datang.

Berikut ini merupakan beberapa gejala serangan jantung pada wanita, seperti:

Nyeri dada

Nyeri dada menjadi gejala serangan jantung pada wanita yang paling umum. Nyeri dada ini bisa digambarkan sebagai kondisi di mana dada terasa sakit, seperti tertindih beban berat, ada tekanan yang berat pada dada, dan dada terasa sangat sesak.

Akan tetapi, wanita bisa juga mengalami serangan jantung tanpa adanya perasaan tidak nyaman di dada. Segera waspadai jika ada kondisi ketidaknyamanan di dada yang terjadi secara terus-menerus dan sulit hilang.

Tubuh melemah

Saat tubuh melemah bahkan sampai menyebabkan gemetar, ini juga bisa menunjukkan gejala serangan jantung pada wanita. Biasanya, kondisi melemahnya tubuh ini juga disertai dengan:

  • Muncul kecemasan berlebih
  • Kepala terasa berat
  • Pusing 
  • Pingsan

Sesak napas

Gejala serangan jantung pada wanita yang juga patut menjadi perhatian adalah ketika seseorang mengalami sesak napas, atau napas terasa sangat berat. Kondisi ini patut dicurigai, apalagi jika sesak napas juga disertai dengan kelelahan ekstrem dan nyeri dada.

Sesak napas mungkin akan lebih terasa saat dalam kondisi berbaring, dan perlahan menghilang saat seseorang berdiri atau duduk secara tegak.

Kelelahan ekstrem

Kelelahan yang ekstrem sering dilaporkan pada minggu-minggu sebelum terjadinya serangan jantung. Bahkan tubuh yang merasa sangat lelah juga bisa dialami sesaat sebelum serangan jantung terjadi.

Anda bisa menandai kondisi kelelahan ekstrem ketika Anda merasa sangat lelah bahkan saat melakukan aktivitas ringan atau malah saat tidak melakukan aktivitas apa pun.

Nyeri tubuh bagian atas

Gejala serangan jantung pada wanita salah satunya juga muncul nyeri pada tubuh bagian atas, yakni sekitar:

  • Rahang
  • Leher
  • Punggung bagian atas
  • Salah satu lengan

Rasa sakit bisa dimulai pada satu area tubuh, lalu secara bertahap menyebar ke area lain. Dalam beberapa kasus, rasa sakit bahkan terjadi secara tiba-tiba.

Masalah pencernaan

Gejala serangan jantung pada wanita juga bisa mengakibatkan masalah pencernaan. Ini mungkin berbentuk rasa sakit atau tekanan di perut sebelum terjadinya serangan jantung. Sementara, masalah pencernaan yang juga mungkin terjadi sebelum serangan jantung antara lain:

  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan

Mengalami gangguan tidur

Pada studi di tahun 2003, hampir setengah dari partisipan wanita yang diteliti melaporkan terjadinya gangguan tidur pada minggu-minggu menjelang terjadinya serangan jantung. Gangguan tidur ini mungkin melibatkan seseorang mengalami:

  • Kesulitan untuk tidur
  • Terjaga sepanjang malam
  • Merasa lelah meski sudah mendapat cukup tidur

Berkeringat

Munculnya keringat berlebih tanpa ada penyebab yang pasti dan normal juga menjadi salah satu gejala serangan jantung pada wanita. Selain berkeringat, tubuh menggigil dan keluar keringat dingin yang tidak normal juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada jantung.

Segera periksakan kondisi Anda ke dokter, jika Anda menemukan adanya satu atau lebih gejala-gejala serangan jantung pada wanita di atas terjadi pada diri Anda.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads