0 Point
Mulut Kering

Waspadai 4 Jenis Gangguan Kesehatan Mulut Ini

Mulut kita bisa diserang berbagai masalah. Masalah atau gangguan mulut bisa terasa sangat menyakitkan, dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Gangguan mulut dapat dikatakan serius jika berlangsung lebih dari 10 hari.

Kerusakan gigi, penyakit gusi, merupakan gangguan mulut paling umum yang dialami oleh banyak orang. Berikut ini beberapa masalah kesehatan mulut yang bisa terjadi pada seseorang:

Kanker mulut

Faktor risiko utama dari kanker mulut adalah konsumsi alkohol atau tembakau berlebih. Selain kedua hal tadi, paparan sinar matahari berlebih juga bisa menyebabkan kanker mulut. Periksakan kondisi kesehatan mulut secara rutin untuk menghindari terjadinya kanker mulut.

Herpes oral

Herpes oral berasal dari virus yang menular dan dapat menginfeksi siapa saja baik anak maupun orang dewasa. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), gejala herpes oral adalah peradangan, bengkak, dan ruam merah yang memengaruhi jaringan gusi. Peningkatan jumlah air liur dan lecet di dalam mulut juga bisa terjadi pada seseorang yang mengalami herpes oral.

Namun luka ini dikatakan dapat sembuh dalam 7 hingga 14 hari, sayangnya virus masih berada di dalam tubuh walaupun tidak hidup secara aktif. Virus bisa menjadi aktif kembali jika Anda dilanda stres, paparan matahari berlebih, kelelahan, atau demam.

Nyeri sendi temporomandibular

Sendi temporomandibular terletak di kedua sisi kepala dan sendi ini yang membuat Anda dapat membuka dan menutup mulut, berbicara, mengunyah, dan menelan. Jika sendi-sendi dan otot-otot serta ligamen sekitarnya tidak berfungsi dengan baik, ini bisa mengakibatkan gangguan sendi temporomandibular yang menyakitkan.

Mulut kering

Menurut Academy of General Dentistry (AGD), tanpa ada air liur, bakteri penyebab penyakit dapat tumbuh dengan mudah di dalam rongga mulut. Mulut kering dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah konsumsi obat berlebih yang dapat memengaruhi jumlah air liur di mulut.

(Foto: dentalfocus.com.au)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok