0 Point
varises vagina

Waspada Varises Pada Vagina!

Mungkin selama ini banyak yang hanya mengetahui bahwa varises bisa muncul dibagian kaki dan bokong saja. Faktanya, pada ibu hamil varises bisa muncul di bagian atau area vagina. Varises yang muncul di area vagina ditandai dengan pembuluh darah yang menonjol keluar atau berwarna kebiruan atau ungu.

Menurut penelitian tahun 2017 diperkirakan 18-22 persen wanita hamil dan 22-24 persen wanita dengan varises panggul menderita varises vagina. Munculnya varises vagina ini biasanya saat ibu hamil memasuki trimester terakhir dimana pembuluh darah di tubuh bagian bawah semakin melebar. Apalagi saat hamil tubuh lebih banyak menghasilkan darah. Peningkatan ini dapat membentuk bendungan pada pembuluh darah. Sehingga menimbulkan varises di beberapa bagian tubuh tidak terkecuali di area vagina. Varies ini terjadi biasanya disertai dengan varises di kaki.

“Varises vagina dapat terjadi sendiri atau muncul bersama dengan varises kaki,” ungkap Julie A. Lamppa dilasir dari Mayo Clinic.

Selain itu, penyebab terjadinya varises vagina bisa jadi karena perubahan serta peningkatan hormon selama masa kehamilan seperti estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut dapat menyebabkan dinding pembuluh darah ibu hamil melemah dan membengkak. Sementara terdapat tekanan pada pembuluh darah di belakang rahim yang dapat memperlambat sirkulasi darah ke jantung. Sehingga pembuluh darah panggul dan bagian kaki semakin kecil.

 Varises vagina ini bukanlah kondisi yang membahayakan. Namun terkadang varises pada vagina bisa menimbulkan gejala yang cukup menggangu seperti: 

  1. Pembengkakan di vagina dan bibir vagina yang tidak bisa terhindarkan.
  2. Muncul rasa sakit atau tekanan di sekitar area vagina.
  3. Di area vagina terasa lebih gatal atau muncul rasa tidak nyaman bagian panggul dans ekiatr vagina.
  4. Timbul rasa nyeri saat berhubungan intim atau berjalan jauh.

Kondisi varises vagina bisa menjadi lebih buruk jika ibu hamil terlalu lama berdiri, melakukan aktivitas fisik yang berat serta mengalami kelelahan.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok