0 Point
menyusu

Waspada, Ini Tanda ASI Masuk Paru-Paru Bayi

ASI merupakan asupan yang tepat untuk bayi baru lahir dan disarankan untuk diberikan hingga berusia dua tahun. Bayi dibawah usia enam bulan hanya membutuhkan ASI dan tidak diperbolehkan untuk diberikan makanan apapun. Dalam hal menyusui pun ibu harus mengetahui posisi yang tepat dan benar agar si kecil dapat menerima ASI dengan baik dan mencegah ASI masuk ke paru-paru bayi.

Masuknya ASI ke paru-paru si kecil menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada berapa banyak cairan ASI yang masuk. Jika jumlah ASI yang masuk ke paru-paru banyak, maka keluhan pada bayi akan langsung terlihat. Karena banyaknya cairan yang masuk ke paru-paru dapat menyumbat total saluran pernapasan dan parahnya dapat memicu henti jantung dan napas mendadak. Atau jika cairan yang masuk banyak tapi tidak menghambat total, biasanya akan mengalami batuk, sesak napas berat yang ditandai dengan tarikan dinding dada cekung kedalam, napas cepat dan kebiruan.

Sedangkan bila cairan ASI yang masuk sedikit, biasanya gejala tidak langsung terlihat dan terbilang ringan. Gejalanya seperti batuk, tidak nyaman dibagian dada, napas cepat dan retraksi ringan. Kondisi ini bila tidak cepat mendapatkan penanganan dan kemudian. mengalami infeksi atau peradangan dapat menyebabkan pneumonia aspirasi. Keluhan yang dialami tidak jauh berbeda, namun kondisinya semakin buruk karena disertai dengan demam. Berikut ini tanda-tanda lainnya jika ASI masuk ke paru-paru bayi:

Muntah

Bila bayi Anda sering muntah terutama setelah menyusu, bisa menjadi tanda ASI masuk ke paru-paru bayi. Perhatikan posisi ketika menyusui. Apakah perlekatan antara mulut bayi dan payudara ibu sudah tepat atau belum.

Napas berbunyi atau mengi

Napas berbunyi atau mengi bukan hanya gejala asma, tetapi mungkin juga akibat adanya cairan ASI yang masuk ke paru-paru bayi. Gangguan pernapasan ini bisa berubah menjadi infeksi saluran pernapasan.

Sulit makan

Adanya cairan pada paru-paru si kecil akan membuatnya tidak nyaman dan rasa sakit. Sehingga si kecil bisa menolak menyusu dan sulit makan. Bayi yang menolak memasukan asupan apapun bisa menunjukkan gejala mata berair, terasa nyeri dan wajah memerah.

Kulit membiru

Cairan ASI yang masuk ke paru-paru bisa mengganggu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat kulit si kecil membiru karena oksigen dan aliran darah tidak terdistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh.

(Foto: her view from home)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok