Waspada, Ini Kondisi Yang Membahayakan Kesehatan Mata

January 03, 2022 | Iman

Periksa mata

Di masa pandemi, kita akhirnya dipaksa untuk menerapkan banyak kebiasaan baru. Salah satunya adalah bekerja dari rumah.

Kondisi ini tidak jarang menimbulkan bahaya kesehatan yang tidak disadari, salah satunya adalah kesehatan mata.

Sepanjang hari kita bisa berada di depan laptop atau komputer, ditambah penggunaan handphone untuk membuka sosial media. Anak- anak pun terpaksa belajar online dengan menatap layar handphone.

Ada beberapa tanda yang harus diwaspadai terkait kesehatan mata yang bisa menjadi masalah kesehatan yang lebih serius, berikut adalah tanda-tandanya.

1. Penglihatan kabur

Kondisi ini terkadang bisa disebabkan oleh mata yang lelah karena kurang tidur atau paparan layar yang berlebihan. Namun, bisa juga merupakan gejala katarak atau degenerasi makula pada mata.

2. Lingkaran putih di sekitar kornea

Jika Anda melihat ada lingkaran putih berkembang di sekitar mata Anda, itu bisa menjadi gejala kadar kolesterol tinggi. Kondisi ini memang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang, namun bisa diketahui jika anda melakukan kunjungan rutin ke dokter mata.

YesDok Ads

3. Pembengkakan dan kemerahan

Jika anda merasakan pembengkakan dan kemerahan di saat bangun tidur dan selalu terjadi, itu bisa mengisyaratkan adanya infeksi. Namun, jika jarang terjadi, kondisi tersebut lebih disebabkan karena kelelahan dan kurang tidur.

4. Bintik-bintik putih di dekat kornea: 

Banyak dari kita yang menggunakan kacamata, ada juga yang memakai lensa kontak. Namun sering juga mereka lupa melepasnya dan lalu pergi tidur dimana kebiasaan tersebut bisa menyebabkan pembentukan bintik-bintik putih di dekat kornea, lakukanlah pengobatan sesegera mungkin karena kondisi tersebut dapat memicu infeksi.

5. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dan menerapkan gaya hidup sehat. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads