Waspada, Ini Beberapa Tanda Gagal Ginjal

December 24, 2019 | Claudia

Gagal ginjal

Bayangkan ketika benda-benda yang Anda gunakan seperti ponsel atau komputer Anda mendadak tidak berfungsi, Anda tentu akan kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan Anda bukan? Apa yang terjadi jika barang-barang yang tidak berfungsi ini Anda diamkan saja? Maka Anda tidak bisa kembali produktif dan lama-kelamaan barang-barang tersebut sudah tidak akan berguna lagi.

Ini sama seperti jika organ tubuh Anda tidak dirawat dengan baik, maka fungsinya bisa terganggu dan menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh Anda. Ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting yang harus dilakukan semua orang.

Ginjal, bertugas untuk menyaring darah dan membuang racun dan limbah dari aliran darah agar keluar dari tubuh. Selain itu, ginjal juga bertugas untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengatur produksi elektrolit.

Bayangkan jika semua fungsi ginjal ini terganggu akibat satu masalah pada ginjal yang dibiarkan begitu saja. Maka yang terjadi selanjutnya adalah kegagalan organ ginjal yang akan membuat tubuh Anda mengalami banyak masalah. Gagal ginjal dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, obesitas, kurang olahraga, konsumsi tinggi garam, cedera, dan lain-lain.

Untuk mewaspadai kondisi ini, maka ada beberapa gejala yang harus Anda kenali ketika tubuh Anda mengalami gagal ginjal, yakni:

1. Edema

Edema adalah suatu kondisi di mana ada bagian tubuh yang membengkak dan terjadi kenaikan berat badan akibat retensi cairan dalam tubuh. Edema bisa menjadi salah satu tanda dari gagal ginjal.

2. Berkurangnya frekuensi buang air kecil

Jika Anda mengalami kondisi berkurangnya frekuensi buang air kecil, misalnya hanya terjadi satu atau dua kali buang air kecil dalam sehari, maka Anda harus memeriksakan kondisi ginjal Anda.

3. Kelelahan kronis

YesDok Ads

Jika Anda terus-menerus merasa sangat lelah dan lesu tanpa alasan yang jelas, ini juga bisa menjadi salah satu tanda gagal ginjal.

4. Kehilangan nafsu makan

Sering kali, banyak orang mengabaikan tentang nafsu makan yang berkurang dan perasaan mual yang datang terus-menerus, karena berpikir itu hanyalah masalah pencernaan yang ringan. Padahal, berkurangnya nafsu makan dan perasaan mual yang terus datang juga bisa menjadi beberapa pertanda gagal ginjal.

5. Berkurangnya fungsi otak

Jika Anda kesulitan berpikir jernih, kehilangan ingatan, mengalami perubahan suasana hati, dan lain-lain, coba periksa juga kondisi ginjal Anda. Ini karena gagal ginjal juga dapat memengaruhi fungsi otak.

6. Tekanan darah tinggi

Jika Anda tiba-tiba terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi, ini bisa berarti ginjal Anda tengah dalam tekanan, sehingga memengaruhi aliran darah.

7. Palpitasi

Gagal ginjal biasanya menyebabkan tingkat kalium yang tinggi dalam tubuh, hal ini dapat berdampak pada meningkatnya detak jantung yang tidak normal dan jantung berdebar.

(Getty Images/iStockphoto: Davizro)

YesDok Ads