Waspada, ini 3 Tanda Awal Tubuh Anda Mengalami Diabetes

August 10, 2021 | Helmi

lapar berlebihan

Diabetes adalah kondisi kronis yang didiagnosis dengan kadar gula darah tinggi yang tidak normal. Dokter akan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Namun, beberapa orang yang menderita diabetes juga mengalami gejala utama dan tanda peringatan dini, seperti sering buang air kecil, rasa haus yang meningkat, dan rasa lapar yang berlebihan.

Tanda-tanda peringatan ini serupa untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2, meskipun bagaimana mereka muncul dapat bervariasi. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk mengenali gejala kedua jenis diabetes.

Berikut cara menentukan 3 gejala awal diabetes, dan mengapa hal itu terjadi.

Rasa lapar yang berlebihan

Anda mungkin mengalami rasa lapar yang berlebihan karena tubuh Anda tidak lagi memproduksi atau menggunakan insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula dari makanan yang Anda makan dan mengubahnya menjadi energi.

Tetapi ketika insulin tidak tersedia atau tidak berfungsi dengan baik di dalam tubuh, Anda tidak mendapatkan energi itu dari makanan yang Anda makan.

Hal ini dapat menyebabkan tubuh Anda merasa lapar, bahkan ketika Anda sudah makan. Rasa lapar yang berlebihan merupakan tanda peringatan dini yang penting, karena dapat mengindikasikan resistensi insulin atau kadar insulin yang tinggi bahkan sebelum Anda dapat melihat gejala lainnya.

YesDok Ads

Sering buang air kecil

Ketika kadar gula darah meningkat, ginjal mulai membuang gula itu ke dalam urin Anda, kata Kolterman. 

Pada gilirannya, ini menarik air ekstra dari tubuh ke dalam urin, mengisi kandung kemih Anda lebih cepat, menyebabkan kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering.

Jika Anda mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering, terutama jika mencapai dua kali lipat dari norma Anda, itu perlu dikhawatirkan.

Rasa haus yang meningkat

Anda mungkin juga merasa semakin haus karena sering buang air kecil. Banyak penderita diabetes minum lebih banyak untuk mengatasi rasa haus. Jika Anda tidak cukup minum untuk menghilangkan dahaga – atau minum minuman manis yang membuat sering buang air kecil semakin buruk – Anda mungkin mengalami gejala dehidrasi tambahan, termasuk mulut kering atau penglihatan kabur.

Gejala-gejala ini dapat menunjukkan bahwa diabetes Anda telah berkembang dan mulai mempengaruhi seluruh tubuh Anda.

YesDok Ads