Waspada Diastasis Recti Usai Melahirkan

December 26, 2021 | Aqiyu

usai melahirkan

Selama hamil dan melahirkan banyak perubahan yang akan terjadi pada wanita. Salah satunya adalah perubahan fisik. Bukan hanya yang tampak dari luar tetapi pada bagian dalam juga. Seperti terjadinya diastasis recti. Dimana kondisi otot kiri dan kanan perut mengalami pemisahan.

Diastasis recti sebenarnya normal terjadi pada wanita selama kehamilan bahkan usai melahirkan. Namun, kondisi ini terjadi di masa nifas. Menurut Midwifery Journal, Diastasis Recti dapat terjadi pada 30%-70% wanita hamil. Bahkan kondisi diastasis recti abdominal (DRA) menetap setelah melahirkan pada 35%-60% wanita. Jika Anda mengalami diastasis recti jangan khawatir, diastasis recti dapat diobati. Segera tangani agar tidak terjadi efek samping yang tidak diharapkan terjadi.

Diastasis recti terjadi selama kehamilan otot mengalami pelebaran karena pengembangan janin. Sehingga membuat otot kanan dan kiri perut terpisah setelah bayi dilahirkan. Penyebabnya, koordinasi otot perut bagian dalam, depan dan samping kurang baik sehingga tarik menarik. Diastasis recti juga dipengaruhi berat badan yang naik berlebihan saat hamil. Peregangan otot perut yang terlalu kuat atau berlebihan.

Selama ini banyak wanita yang kurang menyadari bahwa dirinya mengalami diastasis recti.

Adapun gejala diastasis recti yang harus diperhatikan diantaranya adanya celah antara kedua otot perut di sisi kiri dan kanan apalagi ketika berbaring. Anda kerap mengalami nyeri di bagian punggung bawah. Anda kesulitan dalam mengangkat benda berat dan adanya tonjolan pada bagian tengah perut. 

Cara mengetahuinya mudah, Anda cukup ambil posisi telentang. Lalu raba bagian perut dengan jari, dengan posisi jari menekan dengan garis vertikal di atas dan di bawah pusar. Ketika jedanya sudah lebih dari 3 jari bisa jadi Anda mengalami diastasis recti. Ketika Anda mengalami diastasis recti sebaiknya tunda untuk mengangkat benda berat sementara waktu. Jangan terburu-buru melakukan latihan berat untuk gerakan otot perut yang bisa membuat kondisi semakin buruk. Saat bangun tidur usahakan bergulir dulu ke posisi samping.

Untuk mengatasi diastasis recti sebenarnya tergantung pada kondisinya. Jika diastasis recti terjadi dalam tingkat yang parah tentu membutuhkan tindakan medis. Sementara cara mencegahnya dapat dilakukan sebelum Anda hamil. Sebuah studi mengatakan bahwa wanita yang latihan otot perut sebelum hamil menurunkan risiko alami diastasis recti. Anda bisa melakukan sit up dan senam kegel.

(Foto: herviewfromhome)

YesDok Ads