Waspada, Begini Cara Penularan Demam Berdarah

September 19, 2022 | Aqiyu

Waspada, Begini Cara Penularan Demam Berdarah

Memasuki musim hujan, Anda dan keluarga harus berhati-hati dengan ancaman berbagai penyakit yang sering muncul di musim hujan. Salah satu langganan penyakit yang tidak pernah absen di musim penghujan adalah Demam Berdarah atau DBD. Apalagi DBD termasuk penyakit menular, untuk itu Anda harus harus ekstra memerhatikan kebersihan lingkungan.

Kewaspadaan terhadap penyakit DBD sebaiknya perlu ditingkatkan terutama pada anak-anak sebagai kelompok yang rentan. DBD cenderung meningkat selama musim hujan karena akan ada banyak genangan air yang bermunculan. Genangan air ini akan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue. Penyakit DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk betina dimana dalam tubuhnya terdapat virus dengue.

Bagaimana cara penularan penyakit DBD?

Melansir dari lama IDAI, Nyamuk betina dapat  terinfeksi virus dengue sewaktu dia menghisap darah dari pasien dengue fase demam pada saat darahnya banyak mengandung virus (viremia), yaitu 2 hari sebelum sampai 5 hari sesudah demam timbul. Nyamuk bersifat infektif dalam 8-12 hari sesudah menghisap darah (masa inkubasi ekstrinsik) dan bisa tetap infektif selama hidupnya. Selama masa ini, virus berkembang biak pada saluran pencernaan dan akhirnya bisa sampai di kelenjar ludah.

YesDok Ads

Pada saat nyamuk tersebut menggigit orang lain (yang sehat), dia akan mengeluarkan cairan ludahnya ke dalam luka gigitan sehingga orang tersebut akan tertular virus dengue.  Masa inkubasi penyakit ini 3-14 hari (paling sering 4-7 hari) dan setelah itu akan mulai timbul gejala-gejala penyakit.

Tanda-tanda terjangkit penyakit DBD

Tanda-tanda penyakit DBD dapat berupa demam tinggi mendadak yang terjadi terus menerus. Demam tersebut muncul disertai dengan nyeri atau pegal-pegal pada otot dan sendi. Nyeri di belakang mata, wajah memerah dan muncul bintik-bintik merah di kulit. Tanda DBD juga bisa berupa kondisi tubuh yang melemah, mual-mual dan muntah serta pegal-pegal.

Spektrum penyakit DBD bisa dimulai dari gejala yang ringan tanpa gejala. Kemudian DBD dengan gejala demam sampai dengan yang dinamakan dengue shock syndrome (DSS) dan dapat menyebabkan kematian.

YesDok Ads