0 Point
infeksi telinga

Waspada, Bau Telinga Si Kecil Tanda Infeksi

Bayi dibawah usia satu tahun belum bisa berkomunikasi dengan orang tuanya untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan. Biasanya, si kecil akan menangis atau menjadi lebih rewel dari biasanya jika merasa tidak nyaman. Penyakit yang bisa menyerang si kecil yang kekebalan tubuhnya belum sempurna ini adalah infeksi. Salah satunya infeksi telinga yang bisa ditandai dengan bau telinga yang tidak sedap.

Infeksi telinga bagian tengah atau otitis media ini sering kali dialami oleh si kecil yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi telinga bagian tengah ini tepatnya terjadi di bagian rongga belakang gendang telinga. Pada umumnya, otitis media terjadi ketika saluran yang menghubungkan telinga dengan hidung membengkak dan tersumbat karena batuk, pilek atau mengalami alergi. Penyumbatan pada bagian ini membuat lendir menumpuk di telinga dan memicu berkembangnya virus dan bakteri.

Selain dari bau telinga yang tidak sedap, ciri infeksi telinga pada si kecil adalah mengalami demam, keluarnya cairan kekuningan dari telinga atau terganggunya pendengaran. Para orang tua juga harus mewaspadai paparan asap rokok. Sebab, si kecil yang terlalu sering terkena paparan asap rokok juga bisa menyebabkan infeksi telinga. Serta kebiasaan menggunakan botol susu sambil tidur dan kebersihan lingkungan yang kurang terjaga.

Bila si kecil mengalami tanda-tanda infeksi telinga, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa langkah perawatan yang dapat dilakukan di rumah sebagai tindakan pertolongan pertama. Jika si kecil mengalami infeksi telinga, Anda harus selalu menjaga kebersihan telinga si kecil. Kompres dengan handuk hangat selama 10-15 menit, tetap menjaga asupan cairan si kecil agar tubuhnya tidak dehidrasi, hingga cukupi nutrisi si kecil dengan makanan bergizi yang seimbang. 

Saat tidur, usahakan agar kepala si kecil berada dalam posisi yang lebih tinggi untuk meringankan sumbatan dan rasa kurang nyaman. Bila si kecil memiliki kebiasaan minum susu dari dot atau botol susu, saat masa penyembuhan sebaiknya untuk sementara waktu si kecil tidak menggunakan dot dulu. Hal ini untuk mencegah perburukan kondisi dan supaya langkah penanganan si kecil berhasil. Namun, bila infeksi si kecil dirasa tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi si kecil ke dokter spesialis.

(Foto: unity point health)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok