Wasabi, Pendamping Sushi yang Menyimpan Banyak Manfaat

September 11, 2019 | Helmi

Wasabi sering menjadi pendamping makanan khas Jepang. Lobak dicampur dengan wasabi dalam masakan Jepang sebagai bumbu untuk sushi atau mie ketika wasabi langka karena permintaan yang banyak.

Wasabi ternyata menyimpan banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh tubuh. Ada apa saja? Simak daftarnya di bawah ini:

Efek Antibakteri

Keracunan makanan disebabkan oleh pertumbuhan patogen. Itu bisa dihentikan dengan menambahkan bahan-bahan tertentu seperti garam, yang dikenal bisa mengurangi pertumbuhan bakteri. Ekstrak wasabi memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan dua bakteri keracunan makanan.

Anti-inflamasi

Wasabi mengandung senyawa aktif yang disebut ITC, yang bertanggung jawab untuk menghentikan pertumbuhan enzim dan sel yang menyebabkan peradangan. Sejauh ini, penelitian telah terbatas pada studi tabung dengan sel hewan dan tidak ada penelitian yang dilakukan pada manusia.

Pelindung Anti-Kanker

YesDok Ads

Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa ITC yang diisolasi dari wasabi mencegah pertumbuhan beberapa sel kanker manusia yang menyebabkan kanker payudara, usus besar dan pankreas.

Kesehatan Tulang

Senyawa yang disebut asam p-hidroksisinamat (HCA) hadir dalam wasabi dan mendorong pembentukan tulang dan mengurangi kerusakan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa HCA mungkin dapat mengobati osteoporosis.

Kesehatan Otak

Senyawa ITC dapat menurunkan peradangan di otak yang menyebabkan kondisi neurodegeneratif, misalnya, penyakit Parkinson.

(Foto: paginemediche)

YesDok Ads