Walau Tak Ada Infeksi, Kondisi Ini Juga Sebabkan Sensasi Terbakar Usai Pipis

October 28, 2021 | Claudia

Pipis

Sensasi terbakar setelah pipis atau buang air kecil tidak selalu terjadi karena infeksi. Kadang, ini merupakan suatu gejala dari kondisi lain. Ada beberapa kondisi yang kurang umum, yang ternyata juga bisa menyebabkan rasa terbakar setelah buang air kecil, walau tidak ada infeksi. Apa saja?

Batu ginjal

Dalam beberapa kasus, batu ginjal dapat menyebabkan rasa terbakar setelah buang air kecil. Batu ginjal dapat menyumbat uretra dan membuat penumpukan urine. Batu ginjal dengan ukuran yang kecil bisa keluar dengan sendirinya melalui urine, namun ini bisa sangat menyakitkan.

Prostatitis

Prostatitis yang merupakan peradangan pada kelenjar prostat, dapat menyerang pria dan bisa sangat menyakitkan. Meski infeksi bakteri adalah penyebab utamanya, namun, ini juga bisa terjadi akibat cedera, ketegangan otot, atau batu prostat.

YesDok Ads

Cedera atau infeksi bisa menyebabkan pembengkakan di sekitar prostat yang dapat memengaruhi saraf dan menyebabkan rasa sakit. 

Penyakit striktur uretra

Cedera atau infeksi dapat menyebabkan penyakit striktur uretra. Striktur berarti pembatasan atau penyempitan yang terjadi ketika ada penyumbatan penuh atau sebagian di uretra. Penyakit striktur uretra lebih sering terjadi pada pria karena mereka memiliki uretra yang lebih panjang daripada wanita. Kondisi tersebut kadang memiliki penyebab yang tidak jelas.

  • Uretra dapat tersumbat atau menyempit karena:
  • Infeksi menular seksual
  • Kerusakan pada uretra karena cedera
  • Pembengkakan
  • Operasi
  • Penggunaan kateter

Selain rasa terbakar, gejala yang paling khas adalah berkurangan aliran urine. Masalah ini biasanya akan hilang setelah cedera sembuh. Namun jika terus berlanjut, maka mungkin diperlukan pembedahan untuk meregangkan striktur.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads