0 Point
Sembelit

Waktu Tepat Pergi ke Dokter Jika Sembelit

Pergerakan usus setiap individu berbeda-beda. Beberapa mengosongkan usus besar mereka di pagi hari, sementara yang lain bergegas ke kamar kecil dua atau tiga kali sehari. Ada juga orang yang mengosongkan ususnya dengan susah payah, yang disebut dengan sembelit.

Sembelit adalah masalah pencernaan umum. Bagi sebagian orang, itu adalah hal yang biasa, sementara yang lain harus menghadapinya sesekali. Sembelit membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebagian besar sembelit tidak serius dan membaik setelah Anda mengubah pola makan untuk memasukkan lebih banyak serat atau mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Tetapi ada juga situasi ketika sembelit tidak senormal yang terlihat dan membutuhkan perhatian medis yang tepat.

Proses pencernaan cukup kompleks yang melibatkan beberapa organ. Ketika kita makan makanan itu harus melewati beberapa organ sebelum nutrisi diserap oleh sel dan bahan limbah dikeluarkan dari tubuh. Hanya ketika makanan mencapai usus besar, air dan glukosa diserap dan tinja dipisahkan untuk dikeluarkan.

Dalam kasus sembelit, tinja mulai menumpuk di kolon sigmoid, yang berada di ujung sistem pencernaan Anda. Hal ini menghalangi aliran, membuat Anda merasa sesak, sesak, dan kembung. Menjadi lebih sulit untuk buang air besar ketika tubuh menyerap semua air darinya sehingga menjadi keras dan kering.

Ada kalanya menjadi penting untuk mencari bantuan medis sebelum kondisinya menjadi serius. Insiden sembelit yang sering terjadi dapat disebabkan oleh masalah serius pada usus besar atau kondisi yang mendasarinya.

Sembelit membuat Anda merasa tidak nyaman dan kembung, tetapi jika semakin parah dan sangat menyakitkan maka segera cari bantuan medis. Ketika kasus sembelit Anda parah, obstruksi usus dapat menyebabkan robeknya usus dan infeksi.

Nyeri perut yang berlebihan harus segera diobati untuk menghindari komplikasi. Oleh karena itu perlu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami hal berikut.

Darah di tinja Anda

Bercak darah saat buang air besar juga tidak normal. Jika Anda bisa buang air besar atau melihat darah di tisu toilet saat menyeka, periksa ke dokter Anda. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti wasir, penyakit radang usus (IBD) atau bahkan kanker kolorektal.

Sulit buang air besar dalam seminggu

Seseorang yang tidak buang air besar tiga kali atau lebih dalam seminggu dianggap menderita sembelit. Mengingat bahwa tidak bergerak selama seminggu itu parah, itu bisa menyebabkan impaksi feses. Dokter dapat membantu untuk memecahkan tinja, sehingga memudahkan Anda untuk buang air besar.

Beberapa tanda lain bahwa Anda perlu ke dokter jika terjadi sembelit parah adalah:

- Lemas
- Masalah pernapasan
- Demam tinggi
- Detak jantung cepat
- Muntah

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok