Wajib Tahu, Manfaat Seledri Untuk Ibu Hamil

May 10, 2021 | Aqiyu

daun seledri

Ibu hamil wajib memenuhi segala macam nutrisi dan gizi agar perkembangan janin dalam kandungan tumbuh dengan baik. Salah satu sayuran yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah seledri. Ibu hamil dapat menambahkan seledri dalam menu sehat harian. Berikut manfaat seledri untuk ibu hamil yang wajib diketahui:

Zat diuretik

Seledri mengandung zat diuretik seperti mineral dan kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh pada ibu hamil untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, seledri dapat membantu menambah energi yang hilang ketika ibu hamil mulai lelah.

Mengatur tekanan darah

Ibu hamil sangat rentan terhadap tekanan darah yang tidak stabil seperti terkena tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Senyawa phthalides pada seledri dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi hormon stres.

Menurunkan kolesterol

Serat pada daun seledri dapat memastikan kolesterol tubuh hilang dan buang air besar menjadi lancar. Senyawa phthalides pada seledri juga dapat membantu deposisi plak rendah di dinding arteri sehingga menyehatkan jantung.

YesDok Ads

Mencegah kanker

Kandungan kumarin pada daun seledri dapat meningkatkan efisiensi sel darah putih. Seledri juga mengandung flavonoid yang disebut luteolin. Luteolin mungkin memiliki sifat antikanker yang dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker dan menyebabkan kematian sel. Karena itu luteolin dapat membuat sel kanker lebih rentan terhadap serangan bahan kimia dalam perawatan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seledri kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan pada seledri juga dapat meningkatkan kekebalan serta melindungi janin dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. 

Menyehatkan sendi

Tubuh ibu hamil akan merasa kelelahan saat  memasuki trimester ketiga. Padahal persendian yang sehat selama kehamilan sangatlah penting untuk membantu ibu hamil mudah gerak dan melakukan aktivitas. Pada Seledri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan regenerasi jaringan sendi. Serta membantu meminimalkan rasa sakit dan bengkak di sekitar persendian selama masa-masa kehamilan. 

YesDok Ads