0 Point
bau mulut

Wajib Diketahui, Ini Penyebab Kenapa Bau Mulut Menetap

Salah satu penyakit mulut adalah bau tidak sedap. Bau mulut sangat mengganggu karena bisa membuat Anda kehilangan kepeceryaan diri. Apalagi jika Anda bekerja dan bertemu dengan orang banyak. Tentu hal ini akan menghambat pekerjaan Anda.

Bau mulut ada yang mudah dilhilangkan, namun ada pula bau mulut yang sulit dihilangkan. Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui mengapa bau mulut ini menetap dan sulit diatasi, sebagai berikut:

  • Adanya masalah kesehatan seperti gigi berlubang.
  • Bau mulut sulit dihilangkan jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti sakit tenggorokan, penyakit asam lambung, masalah pada saluran pencernaan, gangguan hati, atau gangguan ginjal.
  • Penykait lain yang membuat bau mulut adalah infeksi peradangan pada hidung, sinusitis, dan infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis.
  • Kebiasaan buruk mengonsumsi alkohol dan merokok juga menyebabkan bau mulut bersarang.
  • Mengonsumsi beberapa makanan tertentu seperti bawang merah, bawang putih, keju, ikan, makan-makanan bercitarasa pedas, jus jeruk, soda, dan kopi bisa meninggalkan aroma tidak sedap di mulut.
  • Mulut kering juga bisa membuat bau mulut, mulut kering dikenal dengan Xerostomia. Dimana terjadi gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di mulut sehingga menyebabkan mulut kering.

Bau mulut ini bisa Anda coba atasi dengan cara menyikat gigi sehari dua kali dan obat kumur. Pilihlah pasta gigi yang mengandung xylitol dan bahan antibakteri IPMP atau bahan alami seperti teh hijau, daun sirih, & Phellodendron. Bahan-bahan tersebut diklaim efektif dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi minimal tiga bulan sekali. Selain gigi, bersihkan juga bagian lidah dan usahakan minum segelas air setelah bangun tidur. Anda juga bisa mengunyah kulit jeruk, lemon dan peterseli, air liur akan diproduksi karena asam jeruk yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. Sedangkan peterseli dapat menetralkan aroma napas yang tidak sedap.

Bila sudah melakukan hal tersebut namun bau mulut tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan kesehatan gigi Anda ke dokter. Anda juga bisa mendapatkan pertolongan pertama dan berkonsultasi dengan para dokter di YesDok seputar masalah kesehatan mulut dan gigi.

(Foto: Arditor)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok