Wabah Virus Corona Sebabkan Menurunnya Polusi Udara

March 07, 2020 | Helmi

polusi udara

Wabah virus corona masih terjadi dan menyebabkan banyak ketakutan. Tidak sedikit orang yang menghindari berpergian ke tempat-tempat ramai dan memilih berdiam diri dalam rumah.

Wuhan, China menjadi pusat penyebaran virus corona. Foto-foto yang beredar memperlihatkan kondisi kota Wuhan yang mirip dengan kota hantu. Banyak bisnis yang tutup dan penduduk lokal memilih tak beraktivitas di luar ruangan.

Kekhawatiran akibat virus corona ini justru berimbas pada polusi udara di seluruh wilayah China yang terpantau menurun sangat drastis. Kondisi ini terpantau dari satelit NASA.

Berdasarkan gambar yang didapat satelit NASA, polusi udara di China mengalami penurunan yang amat signifikan. Disertakan juga perbandingan polusi udara sebelum dan sesudah terjadinya wabah.

YesDok Ads

Menurut Fei Liu, seorang peneliti kualitas udara di pusat penerbangan luar angkasa NASA, “Ini adalah pertama kalinya saya melihat penurunan drastis di area seluas itu.”

Menurut ilmuwan kualitas udara NASA Barry Lefer, penurunan polusi udara biasanya terjadi selama Tahun Baru Imlek di mana bisnis tutup untuk liburan. Tentu ini menjadi sedikit kabar baik di tengah wabah virus corona yang menjangkiti China.

Indonesia positif kasus Corona! Ragu ke rumah sakit? Tanya langsung ke YesDok. Konsultasi cepat dan gampang. 

(Foto: Ubergizmo)

YesDok Ads