Vitamin dan Suplemen untuk Meredakan Sakit Kepala Migrain

September 25, 2021 | Kaifia

Migrain

Para ilmuwan menunjukan bahwa adanya hubungan antara kekurangan vitamin dan mineral tertentu dengan migrain.

Mereka juga mengatakan bahwa melengkapi nutrisi yang seimbang mampu meredakan keparahan gejala.

Migrain merupakan kondisi yang umum terjadi dan ditandai dengan sakit kepala yang berdenyut selama periode waktu tertentu.

Beberapa orang tidak mampu mentolerir rasa sakit tersebut terutama efek samping obat migrain dan mereka mungkin ini mencoba pendekatan alami untuk membantu meredakan rasa sakit kepalanya.

Seseorang dapat kekurangan nutrisi tertentu karena pola makan, gaya hidup dan faktor lainnya, yang dapat menyebabkan mereka lebih rentan terkena serangan migrain. 

Tidak ada vitamin atau suplemen yang terbukti membantu meringankan atau mencegah migrain pada semua orang. Sebagian besar pemicu sakit kepala orang berbeda-beda.

Namun, suplemen nutrisi tidak berbahaya untuk dicoba dan dapat efektif membantu mengatasi sakit kepala.

Magnesium

Menurut American Migraine Foundation, dosis harian 400 hingga 500 mg magnesium dapat membantu mencegah migrain pada beberapa orang.

YesDok Ads

Para penulis menemukan bahwa pemberian magnesium bisa membantu mengurangi serangan migrain akut dan magnesium oral mampu meredakan frekuensi dan intensitas migrain.

Vitamin D

Vitamin ini memiliki interaksi yang kompleks dengan metabolisme, hormon dan gen yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses informasi sensorik dan kemungkinan sakit kepala migrain. 

Seseorang membutuhkan vitamin D untuk menyerap magnesium, dan akibat kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan sakit kepala migrain.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan 15 mcg vitamin D untuk asupan setiap harinya untuk orang hingga usia 70 tahun dan 20 mcg untuk orang diatas 70 tahun.

Coenzim Q10 

Coenzim Q10 memiliki peran penting dalam memproduksi energi di mitokondria, pembangkit tenaga energi dalam sel. Sebuah tinjauan tahun 2018 menunjukkan bahwa suplemen ini mampu mencegah sakit kepala migrain.

Riboflavin

Sama halnya seperti coenzim Q10, riboflavin adalah nutrisi yang penting membantu mitokondria dalam sel kita untuk menghasilkan energi. Beberapa penelitian mengaitkan disfungsi mitokondria dengan migrain, suplemen riboflavin bisa membantu mencegah migrain.

YesDok Ads