Vaksinasi dengan AstraZeneca Sudah Dimulai di Indonesia

March 23, 2021 | Helmi

astra zeneca

Vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional. Suntikan perdana dilakukan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendampingi Presiden RI Joko Widodo mendampingi langsung penyuntikan perdana di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa antusias dari masyarakat besar dalam ikut program vaksinasi dan memastikan kesiapan baik dari pemerintah kabupaten, rumah sakit, maupun Puskesmas.

Diharapkan kedepannya vaksinasi nasional di semua wilayah berjalan dengan baik dan lancar. Jokowi mengatakan sebelumnya, dirinya sudah bertemu dengan MUI Jawa Timur, dan para Kyai di Provinsi Jawa Timur mengenai vaksin astrazeneca.

''Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren-pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Itu patut kita apresiasi,'' katanya.

YesDok Ads

Ada beberapa lokasi vaksinasi yang dipersiapkan di Kabupaten Sidoarjo, antara lain Pendopo Kabupaten Sidoarjo, RSUD Sidoarjo, 18 puskesmas dan 10 rumah sakit swasta rujukan COVID-19.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Jombang selain bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang juga akan serentak dilaksanakan di seluruh Puskesmas di Kab Jombang.

Terdapat 4 tim vaksinasi yang berasal dari RSUD Jombang 1 tim, RSUD Ploso 1 tim, Puskesmas Tambakrejo 1 tim, dan Puskesmas Pulo Lor 1 tim,

Vaksin, alat suntik, safety box dan vaccine carrier disiapkan oleh Dinkes Kab Jombang. Mini ICU disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya KIPI.

(Foto: CNN)

YesDok Ads