Vaksin Pfizer Kini Bisa Disimpan di Lemari Es Lebih Lama

May 21, 2021 | Helmi

pfizer

The European Union's drugs regulator atau Badan Pengawas Obat Uni Eropa mengatakan, vaksin Pfizer kini sudah dapat disimpan pada suhu lemari es lebih lama dari yang direkomendasikan sebelumnya.

European Medicines Agency (EMA) mengatakan bahwa setelah vaksin mencair, botol yang belum dibuka dapat disimpan di lemari es hingga sebulan. Sebelumnya batas penyimpanan hanya lima hari.

Peningkatan fleksibilitas diharapkan berdampak signifikan pada peluncuran vaksin di seluruh Uni Eropa. Kebutuhan untuk transportasi dan penyimpanan pada suhu yang sangat rendah telah menjadi salah satu kelemahan utama dari vaksin Pfizer.

Persyaratan penyimpanan sebelumnya untuk vaksin Pfizer telah mempersulit penggunaannya di beberapa bagian dunia. Karena vaksin ini tidak bisa terlalu lama berada di suhu yang tidak sesuai.

YesDok Ads

Pada bulan Februari, Amerika Serikat menyetujui penyimpanan dan pengangkutan vaksin Pfizer pada suhu freezer standar -15 hingga -25C hingga dua minggu, bukan antara -80 hingga -60C yang biasanya diperlukan.

Sebelumnya pada awal bulan ini, Amerika Serikat mengesahkan penggunaan vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia antara 12 dan 15 tahun. Ini membuatnya menjadi negara pertama yang melakukannya untuk kelompok usia tersebut.

Menurut FDA, kebijakan ini diharapkan menjadi langkah signifikan untuk memerangi pandemi COVID-19. Keputusan ini mengikuti hasil positif dari uji klinis oleh Pfizer dan BioNTech yang melibatkan anak berusia 12-15 tahun.

YesDok Ads