Vaksin Pfizer Hanya Berikan Sedikit Perlindungan pada Anak untuk Melawan Omicron

March 03, 2022 | Helmi

vaksin anak

Sebuah penelitian menemukan bahwa dua dosis vaksin Pfizer memberikan perlindungan yang sangat sedikit untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun selama gelombang infeksi omicron.

Departemen Kesehatan Negara Bagian New York menemukan bahwa efektivitas vaksin Pfizer terhadap infeksi Covid menurun dari 68% menjadi 12% untuk anak-anak dalam kelompok usia tersebut selama lonjakan omicron dari 13 Desember hingga 24 Januari. 

Perlindungan terhadap rawat inap turun dari 100% menjadi 48% selama periode yang sama.

Studi ini belum mengalami peer review. Karena urgensi kesehatan masyarakat dari pandemi, para ilmuwan telah menerbitkan hasil studi mereka sebelum peninjauan tersebut.

Tim kesehatan masyarakat yang melakukan penelitian mengatakan penurunan dramatis dalam efektivitas vaksin di antara anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun kemungkinan karena dosis lebih rendah yang mereka terima. 

Anak-anak dalam kelompok usia ini diberikan dua suntikan 10 mikrogram, sedangkan anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun menerima suntikan 30 mikrogram.

Untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, efektivitas vaksin terhadap infeksi turun dari 66% menjadi 51% dari Desember hingga akhir Januari. Perlindungan terhadap rawat inap turun dari 85% menjadi 73% untuk remaja selama periode yang sama.

Sebelumnya Food and Drug Administration (FDA) berupaya mempercepat vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia enam bulan hingga 4 tahun bulan ini sebagai tanggapan atas meningkatnya jumlah anak yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Namun, FDA dan Pfizer memutuskan untuk menunda rencana tersebut setelah data pada dua dosis pertama tidak memenuhi harapan.

FDA sekarang menunggu untuk melihat data uji klinis pada dosis ketiga untuk anak-anak, yang diharapkan akan mulai tersedia pada bulan April.

YesDok Ads