Vaksin Penting Dilakukan untuk Cegah Hepatitis A

December 23, 2019 | Iman

Vaksin

Saat ini, pengetahuan masyarakat tentang Hepatitis A, upaya pencegahaan dan dampak yang diakibatkannya masih perlu ditingkatkan apalagi dengan meningkatnya kasus penyakit ini di Indonesia.

 

Hepatitis A banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan kualitas yang mendalam dari hygiene pribadi dan sanitasi lingkungan seperti, hygiene perorangan dan hygiene penjamah makanan yang rendah, lingkungan yang kumuh, kebersihan tempat-tempat umum (rumah makan, restoran) yang kurang serta perilaku masyarakat yang tidak mendukung untuk hidup sehat.

 

Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis A, dan merupakan penyakit endemis di beberapa negara berkembang. Penularannya dapat terjadi karena pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan rendah.

 

Gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang terjangkit virus Hepatitis A bersifat akut, tidak memberikan ciri khas karena biasanya berupa demam, sakit kepala, mual dan muntah, bahkan dapat menyebabkan pembengkakan hati. 

 

Virus Hepatitis A juga lebih sering menyerang balita, anak-anak, dan orang dewasa, terutama yang tinggal di area dengan tingkat sanitasi yang rendah.

 

YesDok Ads

Sementara itu, Hepatitis A dapat dicegah melalui kebersihan lingkungan, terutama terhadap makanan dan minuman, melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dengan vaksinasi untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran.

 

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif untuk menghindari terjangkitnya penyakit infeksi, mulai dari anak, orang dewasa hingga orangtua. Vaksinasi Hepatitis A akan memberikan kekebalan spesifik terhadap virus Hepatitis A. Vaksin Hepatitis A dua dosis dengan jarak 6-12 bulan dapat memberikan perlindungan jangka panjang.

 

Beberapa penelitian dan kejadian menunjukkan, Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi seperti Hepatitis A dan Vaksinasi dapat memicu kekebalan spesifik di dalam tubuh seorang anak, sehingga mampu melawan penyakit-penyakit yang berbahaya, mencegah sakit berat, kecacatan dan kematian serta mencegah penularan ke teman-teman disekitarnya. 

 

Jadi, vaksinasi selain bermanfaat untuk anak-anak, juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran penyakit ke seluruh keluarga dan anak-anak lain disekitarnya. Sementara itu, Vaksin Hepatitis A sudah dapat diberikan pada anak sejak usia 2 tahun.

 

(Foto : alayaran.com)

YesDok Ads