0 Point
vaksin ibu hamil

Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil Bisa Berikan Perlindungan pada Bayi Baru Lahir

Penelitian terus berkembang untuk memahami pengaruh vaksin COVID-19 untuk ibu hamil dan juga bayi baru lahir. Penelitian baru menemukan bahwa vaksin COVID-19 berjenis mRNA yang diperoleh oleh ibu hamil bisa memberikan perlindungan pada bayi.

Menurut sebuah penelitian di JAMA Pediatrics. Wanita hamil yang ingin memberikan antibodi pelindung yang diinduksi oleh vaksin COVID-19 kepada bayi mereka melalui ASI harus memilih vaksin bejenis mRNA seperti dari Moderna atau Pfizer.

Untuk penelitian ini, 124 wanita menyusui masing-masing memberikan 17 sampel susu selama 100 hari.

Para wanita tersebut telah menerima vaksin mRNA atau vaksin berbasis vektor dari Johnson & Johnson atau AstraZeneca. Para peneliti mengukur dua jenis antibodi dalam sampel susu - antibodi IgA dan antibodi IgG, keduanya dianggap memainkan peran penting dalam melindungi bayi yang disusui. 

Hampir semua - 96% hingga 97% - wanita yang menerima kedua dosis vaksin mRNA memiliki antibodi IgA yang terdeteksi dalam susu mereka, sementara hanya 39% yang memiliki antibodi dalam susu mereka setelah dua dosis suntikan AstraZeneca dan 48% setelah satu dosis vaksin J&J. 

Semua wanita yang menerima kedua dosis vaksin Pfizer/BioNTech, Moderna atau AstraZeneca memiliki antibodi IgG, dibandingkan dengan hanya 28% wanita yang menerima suntikan J&J.

“Vaksin COVID-19 berbasis mRNA adalah pilihan optimal bagi ibu menyusui ketika ingin mentransfer antibodi ASI ke bayinya,” para peneliti menyimpulkan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok