Sexuality
Adult
+1

Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Seksual? Mungkin Ini Penyebabnya

August 04, 2020 | Helmi

vagina

Hubungan seksual menawarkan beragam kesenangan bagi setiap pasangan. Namun kesenangan itu bisa saja berubah saat Anda justru menemukan munculnya bercak darah setelah berhubungan.

"Sejumlah kecil bercak mungkin normal dan baik-baik saja jika itu terjadi satu kali atau pada kesempatan yang jarang," ujar Nichole Mahnert, MD, ob-gyn di Banner University Medical Center Phoenix. Tetapi jika itu terjadi lebih dari satu kali, saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Jika Anda melihat bintik-bintik merah di tempat tidur, pakaian dalam Anda, atau di antara kaki Anda, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab dari munculnya bercak darah setelah berhubungan seksual:

Kekeringan vagina menyebabkan robekan

Jika Anda tidak cukup basah saat berhubungan seks, ada kemungkinan Anda mengalami pendarahan. Gesekan akibat penetrasi dapat merobek jaringan vagina yang sensitif.

Tetapi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda daripada mendiagnosis sendiri dan mengobatinya sendiri.

Terdapat bakteri atau Infeksi

Kedua infeksi ini sangat umum; diperkirakan tiga dari empat wanita akan mengalami setidaknya sekali dalam hidupnya. "Segala jenis infeksi dapat menyebabkan peradangan dan iritasi, yang dapat menyebabkan perdarahan" saat berhubungan seks, kata Dr. Mahnert.

YesDok Ads

Meski pendarahan bukan gejala yang paling umum dengan vaginosis bakteri atau infeksi. Mereka biasanya ditandai oleh perubahan warna atau bau keputihan serta ketidaknyamanan vagina seperti gatal yang berkepanjangan.

"Tetapi jika leher rahim terinfeksi dan menjadi meradang (alias, servisitis), mungkin ada sejumlah kecil darah yang terlihat setelah berhubungan seks, karena gesekan," kata Dr. Gersh.

Anda Memiliki Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual dapat menyebabkan banyak gejala tidak menyenangkan, dan pendarahan pasca-seks, terutama jika infeksi tersebut menyebabkan peradangan serviks, yang disebut servisiti. 

Efek Samping KB

Salah satu manfaat utama dari pengendalian kelahiran hormon adalah kemampuannya untuk mengatur siklus Anda. Tetapi “segala jenis kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan bercak setelah hubungan intim,” kata Dr. Mahnert.

Biasanya, Anda akan memperhatikan ini saat Anda memulai pil baru, misalnya; mungkin butuh beberapa bulan bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengannya.

(Foto: viva)

YesDok Ads