Sexuality
Adult
+1

Vagina Bau Tak Sedap Usai Berhubungan Intim? Ini Penjelasannya!

April 18, 2020 | Aqiyu

hubungan intim

Berhubungan intim merupakan salah satu kunci menjaga keharmonisan pasangan berumah tangga. Untuk itu, jangan biarkan berhubungan intim menjadi aktivitas yang tidak menyenangkan akibat bau tak sedap. Ditambah, bau tak sedap bisa membuat pasangan Anda tidak percaya diri bahkan enggan melakukan hubungan intim.

Bau tak sedap seringkali muncul dari vagina setelah bercinta. Bau tersebut ada dua jenis yakni bau air mani dan bau amis. Bau air mani biasanya cenderung agak amis dan akan menghilang dalam waktu sehari dan hal ini terbilang normal. Sedangkan bau amis yang muncul usai bercinta dan hilang agak lama sekitar dua hari setelah berhubungan intim yang disertai dengan keputihan, kondisi ini yang tidak wajar.

Bau amis yang tidak sedap usai berhubungan intim muncul paling umum disebabkan oleh penyakit infeksi bakteri vagina atau bacterial vaginosis. Kondisi ini terjadi saat adanya ketidakseimbangan flora di dalam vagina dan bisa membuat ketidakseimbangan pH. Gejala lain yang ditimbulkan berupa keputihan berwarna putih bening atau keabu-abuan, nyeri, dan gatal.

Infeksi bakteri sendiri bisa terjadi pada kedua pasangan, baik wanita maupun pria. Ketika wanita mengalami keputihan dan melakukan hubungan seks, bisa saja bau tak sedap muncul setelahnya. Begitu juga pada pria, dimana pria yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun sehingga setelah melakukan hubungan intim dapat menularkan kepada pasangannya dan menimbulkan bau tersebut.

Penyebab lainnya yang membuat bau tidak sedap muncul usai bercinta adalah seks kasar yang membuat wanita mengalami mikro abrasi pada vagina sehingga menyebabkan peradangan dan menimbulkan sedikit bau. Serta adanya bau gabungan antara cairan vagina yang bertemu dengan air mani. Dimana vagina bersifat asam dan air mani bersifat basa sehingga menimbulkan bau kurang sedap. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pH dan makanan.

Untuk itu menjaga kebersihan organ vital sangatlah penting. Anda dan pasangan bisa mencegah bau tersebut dengan membersihkan atau mencuci area vital tersebut sebelum berhubungan seks. Serta sering membersihkan vulva juga dapat mencegah timbulnya bau tak sedap usai bercinta.

(Foto: her aspiration)

YesDok Ads