0 Point
Kehamilan

Usia Kehamilan 14 Minggu ASI Sudah Diproduksi

Banyak yang mengira bahwa ASI keluar mendekati persalinan atau bahkan setelah melahirkan. Padahal memasuki usia kehamilan 14 minggu ASI sudah mulai diproduksi. Jadi, jangan kaget jika saat hamil ada yang rembes keluar.

ASI bisa keluar selama kehamilan dan ini adalah hal yang normal. Anda tidak perlu cemas atau merasa khawatir saat ada cairan putih seperti susu keluar dari puting payudara. Hal ini merupakan bagian dari persiapan tubuh untuk menyusui. ASI yang keluar pun tidak terjadi secara terus menerus atau setiap waktu.

Salah satu faktor yang membuat ASI keluar adalah adanya rangsangan di puting payudara. Karena memicu pelepasan hormon oksitosin. Seperti pijat payudara, bergesekan dengan pakaian, hingga berhubungan intim. Namun, jangan takut si kecil nanti tidak mendapatkan kolostrum. Sebab, kolostrum pada umumnya mulai diproduksi sejak masa kehamilan hingga 2-4 hari usai melahirkan.

Jadi, ASI yang keluar saat hamil tidak berbahaya. Bila ibu hamil tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya dengan breast pads. Agar tidak berbau dan menumpuk, Anda harus rutin menggantinya. Pilih pula bra yang nyaman, tidak kebesaran dan tidak kekecilan sehingga saat menggunakan breast pad tetap nyaman. Bantalan payudara sebaiknya berbahan kain yang sekali pakai.

Saat Anda keluar siasati dengan menggunakan pakaian bercorak untuk menyamarkan ASI yang rembes. Hal yang harus diwaspadai adalah saat ASI yang keluar disertai darah dan payudara terasa sangat nyeri. Bila mengalami gejala diatas jangan ragu memeriksakan kondisi Anda.

(Foto: thomson medical)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok