Ucapkan Selamat Tinggal pada Kaki Gatal, Ini Caranya!

July 02, 2019 | Claudia

Pernahkah Anda merasakan sensasi gatal yang sangat mengganggu di kaki Anda? Kaki yang gatal biasanya terjadi akibat serangan infeksi jamur pada kulit. Salah satu yang bisa membuat kaki Anda gatal-gatal tak keruan ialah tinea pedis.

Tinea pedis merupakan salah satu jenis jamur yang bisa menginfeksi kulit dan menyebabkan rasa gatal, ruam kemerahan pada kulit, kulit pecah-pecah, bahkan kulit terkelupas. Jari-jari kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang paling umum diserang tinea pedis. Namun, berhati-hati lah, karena tinea pedis juga bisa menyebar ke kuku hingga telapak kaki Anda.

Jika gatal-gatal akibat jamur di kaki sudah sangat mengganggu Anda, maka pengobatan harus segera dilakukan. Ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kondisi ini, apa saja?

Petroleum jelly

Khasiat petroleum jelly sudah dikenal luas, dapat mengatasi masalah kulit termasuk kaki yang gatal. Bakteri biasanya lebih senang untuk tumbuh dan berkembang pada daerah yang lembap, misalnya kaki yang berkeringat. Petroleum jelly bertugas menyerap kelembapan dari kulit dan menjadikan kulit tempat yang tidak ramah bagi bakteri dan jamur untuberkembang.

Yoghurt

YesDok Ads

Yoghurt mampu melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi di kulit. Yoghurt sangat baik untuk mengusir jamur dari kaki Anda. Oleskan yoghurt tawar pada area kaki yang gatal secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air bersih dan keringkan kaki Anda dengan handuk. Ulangi perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur multifungsi yang dapat yang dapat membantu Anda mengusir jamur penyebab rasa gatal di kaki. Cara menggunakannya ialah, panaskan air, kemudian tuangkan air ke dalam sebuah baskom kecil. Tambahkan garam ke dalam air dan aduk hingga garam larut. Rendam kaki ke dalam air garam dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah 15 menit, keringkan kaki dengan handuk.

Cuka

Cuka mengandung antiseptik yag dapat menolong Anda dari serangan jamur dengan cepat. Masukkan air hangat dan cuka ke dalam sebuah baskom. Rendam kaki Anda ke dalam campuran air dan cuka ini kemudian diamkan selama 15 menit. Setelahnya, keringkan kaki Anda dengan handuk bersih dan ulangi pengobatan ini selama 2 kali dalam sehari.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads