Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Tidur yang Tidak Nyenyak

August 15, 2019 | Kaifia

Pernahkah Anda kesulitan tidur nyenyak? percayalah Anda tidak sendiri. Faktanya, masyarakat indonesia memiliki kualitas tidur nyenyak yang masih rendah. Berikut adalah tips utama kami untuk membantu Anda tidur nyenyak dan merasa sangat terjaga di hari berikutnya.

Jumlah tidur yang Anda butuhkan berubah seiring bertambahnya usia, tetapi secara umum, orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 9 jam tidur berkualitas baik per hari. Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan Anda serta melindungi kesehatan fisik, kesehatan mental, kualitas hidup, dan keselamatan Anda.

Tidur bisa menjadi penghalang antara memiliki kesehatan yang baik dan kesehatan yang buruk.

Tidur yang cukup membuat Anda tetap waspada, membantu Anda membuat keputusan dengan baik, membantu menjaga kesehatan jantung dan keseimbangan hormon, dan melindungi sistem kekebalan tubuh Anda.

Sebaliknya, kekurangan tidur telah dikaitkan dengan banyak risiko seperti depresi, dan peningkatan risiko obesitas dan diabetes.

Atur jadwal tidur Anda

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada waktu  liburan. Tubuh kita memiliki jam internal yang disebut ritme sirkadian, yang cenderung bertepatan dengan siklus siang dan malam hari. Ritme sirkadian Anda berfungsi dengan baik pada kebiasaan tidur yang teratur, seperti menjaga waktu tidur dan waktu bangun yang sama.

YesDok Ads

Penelitian menunjukkan tidur yang teratur berkaitan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, kesehatan, dan ketenangan selama seminggu, sementara pola tidur yang tidak teratur terkait dengan kinerja yang lebih buruk, waktu tidur dan bangun yang tertunda, dan keterlambatan dalam pelepasan hormon melatonin yang mendorong tidur.

Kurangi penggunaan handphone di malam hari

Hampir tidak bisa dipungkiri kebanyakan dari kita menghabiskan waktu bermain handphone, menonton televisi atau bermain game pada jam-jam tidur. Kebiasaan yang telah kita kembangkan dengan cepat ini dapat berkontribusi besar pada ketidakmampuan kita untuk tidur dengan benar. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat digital dapat mengurangi kualitas tidur.

Meditasi

Mendapatkan meditasi yang tenang dapat meningkatkan konsentrasi, kejernihan pikiran dan mengurangi stres hingga untuk mengelola masalah tidur. Meditasi juga membantu mengendalikan rasa cemas berlebihan, depresi, penurunan berat badan, dan terutama mengatasi gangguan tidur.

(Foto: tuoitre.vn)

YesDok Ads