Diet
+1

Ubi Jalar Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

December 14, 2019 | Iman

Ubi jalar

Ubi merupakan makanan tradisional yang sangat mudah didapat, dan bisa menjadi camilan sehat bagi anda karena tidak hanya rasanya yang enak, ubi juga memiliki kandungan Vitamin A, mineral dan senyawa tanaman yang disebut fitonutrien, yang sangat bagus untuk kesehatan kita. 

Namun, banyak juga orang yang beranggapan bahwa ubi jalar merupakan makanan yang dapat menggemukkan badan karena kandungan kalorinya yang tinggi. Tapi itu tidak benar, faktanya, ubi jalar dianggap sebagai alternatif yang sehat telah terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut adalah manfaat Ubi Jalar untuk menurunkan berat badan seperti dilansir laman Times of India.

1. Kaya Akan Serat

Ubi jalar dikenal kaya akan kandungan serat, yang dapat membantu penurunan berat badan dengan membentuk gel seperti jala di perut sehingga membuat Anda merasa  kenyang lebih lama dan mencegah Anda untuk makan berlebihan. 

2. Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat tidak seharusnya diabaikan ketika anda sedang berusaha menurunkan berat badan karena karbohidrat memberi Anda energi untuk berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, naik tangga, dan banyak lagi. Jika tubuh tidak memiliki karbohidrat yang cukup, maka Anda tidak akan memiliki energi untuk tetap aktif dan sehat.

YesDok Ads

3. Indeks Glikemik Rendah

Makanan dengan Indeks Glikemik yang tinggi dapat menyebabkan gula darah tinggi. Meskipun ubi jalar mempunyai rasa yang manis, namun indeks Glikemik mereka rendah sehingga Anda dapat mengonsumsinya tanpa khawatir adanya lonjakan kadar glukosa darah Anda.

4. Membantu Hidrasi

Dehidrasi sangat tidak baik bagi tubuh dan dapat memperlambat metabolisme Anda, namun dengan mengonsumsi ubi jalar, anda dapat membantu merehidrasi sel-sel tubuh dan memulai kembali metabolisme Anda. Uni jalar dapat menjadi sumber hidrasi yang baik dan dapat mencegah tubuh Anda menumpuk lemak, menyeimbangkan pH dan membantu membuang racun dalam tubuh.

Selain itu, Ubi jalar juga memiliki banyak kandunga antioksidan yang menginduksi seng superoksida, katalase dan sporamin dimana Antioksidan ini dapat melindungi tubuh Anda dari peradangan, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

(Foto : timesofindia)

YesDok Ads