Diet
+1

Turunkan Risiko Glaukoma dengan 5 Makanan Ini

February 14, 2020 | Claudia

Wortel

Glaukoma merupakan kerusakan yang terjadi di saraf mata, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan dan kebutaan. Penyebab utama glaukoma adalah meningkatnya tekanan pada bola mata yang disebabkan karena peningkatan tekanan cairan di dalam mata sehingga menyebabkan kerusakan pada saraf optik yang bertindak sebagai penghubung antara otak dan mata untuk memproses informasi visual. Semua orang bisa mengalami glaukoma, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun.

Pengobatan glaukoma dilakukan dengan mengurangi tekanan cairan di dalam mata. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan obat tetes mata, obat minum, terapi laser, atau dengan operasi. Tentu mencegah masalah ini terjadi akan lebih baik ketimbang harus mengobatinya. Menjaga asupan makanan yang sehat bisa menjadi kunci utama untuk terhindar dari glaukoma. 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan antioksidan, dapat secara alami membantu meningkatkan aliran darah ke mata tanpa menimbulkan efek samping. 

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengurangi risiko glaukoma:

1. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti seperti tuna, salmon, dan mackerel mengandung EPA dan DHA, yakni sejenis asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan pasokan darah ke mata dan mencegah kerusakan saraf optik.

2. Jeruk

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari dua buah jeruk dalam seminggu, memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami glaukoma, jika dibandingkan dengan wanita-wanita lain yang jarang atau bahkan tidak pernah makan jeruk dalam seminggu.

YesDok Ads

3. Wortel

Menurut sebuah penelitian, kehadiran vitamin A dan beta karoten dalam wortel  dapat membantu mengurangi risiko glaukoma. Penelitian itu juga mengatakan bahwa buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A, C, dan beta karoten sangat membantu mengurangi risiko penyakit mata lainnya.

4. Bayam

Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid alami yang bertindak sebagai antioksidan. Kehadiran dua karotenoid ini di dalam bayam dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang selanjutnya membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindungi makula dari kerusakan.

5. Teh hijau

Katekin dan flavanol adalah dua flavonoid makanan yang ditemukan dalam teh hijau. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan kuat, yang dapat membantu mengurangi risiko glaukoma jika dikonsumsi secara rutin.

(Foto: greengoldfarms.net)

YesDok Ads