Trik Pernapasan untuk Bantu Redakan Stres

December 16, 2019 | Helmi

teknik pernapasan stres

Stres menjadi salah satu bagian kehidupan yang tidak dapat dihindari. Entah karena masalah pekerjaan, salah paham dalam keluarga, atau pertengkaran dengan teman. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya stres.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika stres menghantam Anda, “obat” yang Anda butuhkan hanyalah menarik napas dalam-dalam. Tentu tidak asal, melainkan menggunakan trik pernapasan khusus.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kelompok yang melakukan teknik pernapasan yoga misalnya, mengandung lebih sedikit stres dan molekul yang menunjukkan peradangan dalam air liur mereka daripada sebelum latihan.

Berikut ini cara untuk melakukan latihan pernapasan untuk membantu Anda menghindari stres ini:

YesDok Ads

  • Mulailah dengan meletakkan tangan di perut Anda dan kemudian tarik napas dalam-dalam ke perut Anda.
  • Rasakan nafas naik ke perut Anda dan biarkan mengembang ke dada Anda sesudahnya.
  • Dari sana, terus biarkan nafas naik dari perut, kembangkan ke dada dan ke dada bagian atas sampai Anda mencapai kapasitas penuh.
  • Setelah Anda di sana, buang napas ke arah yang berlawanan dan melalui sisi atas dada Anda.
  • Terus bernafas, dari dada Anda sedikit lebih rendah dan kemudian ke perut Anda lagi.
  • Ulangi sesuai keinginan, atau selama 10 menit yang disarankan.

Tarik napas mendalam, seperti yang disebutkan di atas, adalah salah satu cara terbaik, mudah dan gratis untuk membantu mengurangi stres tubuh dan pikiran Anda. Ini karena ketika Anda bernapas dalam-dalam, itu mengirimkan pesan ke otak Anda untuk rileks dan kemudian tenang. Otak kemudian akan menyampaikan pesan ini ke tubuh Anda dan memudahkan tubuh Anda menjadi rileks.

Ini mungkin tampak seperti hal kecil. Tapi hal kecil semacam inilah yang bisa membantu meredakan stres Anda. Selamat mencoba!

(Foto: Military Family Life)

YesDok Ads