Trik Jitu Kontrol Porsi Makan Bagi Pelari

January 11, 2021 | Iman

Kontrol makan

Anda mungkin cukup familiar dengan istilah porsi. Porsi orang dewasa umumnya didasarkan pada diet 2.000 kalori per hari.

Kalori tersebut dipecah berdasarkan jumlah yang disarankan per hari misalnya: lima porsi sayuran, empat porsi buah, enam porsi biji-bijian, tiga porsi susu, tiga porsi lemak dan minyak atau delapan hingga sembilan porsi unggas, daging, dan telur dua hingga tiga porsi ikan dan makanan laut lainnya, lima porsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Kebutuhan porsi harian seseorang berbeda pada umumnya. Kebutuhan latihan juga memengaruhi porsi Anda apakah latihan berat atau tidak. Semua kembali pada tujuan Anda.

Studi The Dietary Guidelines for American merekomendasikan pria mengonsumsi 2.000 hingga 3.000 kalori per hari dan wanita mengonsumsi 1.600 hingga 2.400 kalori per hari untuk wanita dewasa. Atlet daya tahan seperti pelari mungkin membutuhkan lebih dari 2.000 kalori sehari untuk bahan bakar pelatihan.

Kontrol porsi adalah tentang bagaimana Anda memecah asupan makanan Anda  berdasarkan rekomendasi diet sepanjang hari. “Apakah Anda perlu makan besar 3 kali sehari atau cukup 2 kali, semua bagaimana kebutuhan Anda,”ucap ahli gizi klinis, Rachel Davis.

Menurut Davis, kontrol porsi sangat penting terutama karena fungsi gastrointestinal. Makan berat akan diproses secara berbeda dari makanan kecil. Makanan berat akan memperlambat pencernaan.

Itulah mengapa Davis menganjurkan makan yang lebih sering namun porsi kecil sepanjang hari: "Porsi kecil membantu Anda menyeimbangkan jumlah nutrisi yang Anda konsumsi dengan tepat sehingga tubuh Anda benar-benar dapat menyerapnya," Davis lebih jauh menjelaskan.

YesDok Ads

Jika Anda mendapati diri Anda makan lebih dari itu secara teratur, ada beberapa trik untuk lebih mengontrol porsi Anda. Anda dapat dengan mudah menukar piring besar Anda dengan yang lebih kecil.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition juga dikatakan, mengkonsumsi setengah liter air sebelum makan menghasilkan perasaan kenyang yang luar biasa dan mengurangi asupan makanan.

Namun, jika Anda seorang pelari, mungkin perlu meningkatkan kontrol porsi Anda sama seperti latihan Anda. Sebagai permulaan, Anda harus makan setidaknya sesuatu yang kecil dan fokus pada karbohidrat, seperti setengah porsi pisang sebelum berlari.

Setelah berlari, pelari bisa merasa sangat berbeda dalam hal nafsu makan. Namun bagaimanapun Anda perlu mengisi kembali nutrisi seperti asupan protein dan karbohidrat ke sistem Anda.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak suka makan setelah lari, cobalah smoothie yang berbahan dasar susu atau yogurt. Tentu menyeruputnya selama 20 hingga 30 menit ke depan usai berlari dapat membantu tubuh pulih dan mengembalikan aliran darah ke sistem pencernaan.

“Diet dan porsi adalah kebutuhan personal. Anda perlu mencari tahu nutrisi apa yang bekerja seiring berjalannya waktu,” Davis menambahkan.

YesDok Ads