Trik Agar Selalu Termotivasi Wujudkan Rumah yang Bersih dan Sehat

November 06, 2019 | Helmi

Rumah menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat. Namun saat rumah berantakan dan kotor, justru rasa lelah yang melanda makin menjadi.

Jika tumpukan kekacauan di rumah membuat Anda justru malas, lima trik ini mungkin bisa Anda coba untuk membuat Anda termotivasi membereskan rumah:

Mulailah dengan satu hal

Misalnya, Anda dapat mulai mengambil mainan atau sampah untuk segera dibereskan. Setelah selesai, pindah ke tugas lain.

Strategi lain mungkin memilih area kecil untuk dibersihkan terlebih dahulu seperti meja dapur Anda. Setelah itu, pergi bersihkan ruang yang berdekatan dan kemudian lanjutkan ke kamar lain di rumah.

Memulai dari yang kecil dengan melakukan tugas satu per satu dapat membantu Anda menyelesaikan semua hal tanpa merasa kelebihan beban.

Cobalah untuk mulai membersihkan lebih awal

Banyak orang menganggap pagi hari sebagai waktu yang paling tepat untuk membersihkan. Tapi, itu tidak berarti itu bekerja untuk semua orang, jadi temukan waktu Anda sendiri ketika Anda memiliki energi itu dan gunakan untuk membersihkan rumah.

Dengan begitu Anda dapat memiliki sisa hari untuk melakukan tugas-tugas lain.

YesDok Ads

Buat jadwal pembersihan

Buat rutinitas pembersihan yang sesuai dan membuat Anda bersemangat

Beberapa orang mendedikasikan satu hari penuh untuk membersihkan sementara kebanyakan orang lebih suka membagi waktu mereka. Katakan, tentukan waktu 25 menit untuk merapikan barang, lalu istirahat selama sekitar lima hingga 10 menit.

Dengan cara ini, Anda akan dapat sepenuhnya fokus pada apa yang Anda tugaskan untuk lakukan, dan mengambil istirahat. Jika ini cocok untuk Anda, Anda dapat menggunakan penghitung waktu saat menggunakannya untuk memantau waktu istirahat dan waktu bekerja

Nyalakan musik

Dengarkan musik optimis atau dengarkan podcast favorit Anda. Anda akan terkejut mengetahui bahwa Anda telah melakukan pembersihan sebelum daftar putar atau episode podcast Anda berakhir.

Coba lihat akhir dari usaha Anda.

Buat gambar di pikiran Anda tentang ruang yang rapi dan bersih. Bayangkan betapa santainya duduk di rumah yang bebas dari kekacauan. Cara ini mungkin bisa membantu meningkatkan motivasi Anda untuk membersihkan dan merapikan ruang Anda.

(Foto: apartment therapy)

YesDok Ads