Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Merawat Jantung Tetap Sehat

April 28, 2021 | Helmi

jantung sehat

Merawat jantung itu penting karena jantung adalah salah satu organ terpenting di tubuh. Jantung yang membuat seseorang tetap hidup dengan memompa darah ke semua organ lainnya. 

Insiden penyakit jantung meningkat pesat selama bertahun-tahun karena faktor-faktor seperti diabetes, hipertensi, diet dan obesitas yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan konsumsi alkohol dan tembakau.

Sangat penting untuk segera mengambil tindakan dan mengubah gaya hidup Anda untuk mengurangi beban penyakit jantung.

Seseorang harus menjalani gaya hidup jantung sehat, karena manfaat jantung yang sehat juga dapat berdampak positif pada kesejahteraan secara keseluruhan. Memiliki jantung yang kuat dapat melindungi dari komplikasi yang terkait dengan beberapa kondisi kronis.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat jantung tetap sehat.

Memilih Makanan Sehat

Biji-bijian utuh seperti sereal sangat dianjurkan untuk disertakan setidaknya satu jenis pada makanan Anda.

Kemudian ada juga pilihan makanan kaya omega 3, sayuran berdaun hijau, minyak zaitun yang juga mengandung lemak sehat, yang baik untuk jantung.

Tambahkan juga kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kacang tanah, kenari yang bagus untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Pastikan Terhidrasi dengan Baik

YesDok Ads

Selain minum air putih sepanjang hari, jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan minuman sehat lainnya seperti air kelapa, lemon, smoothie, dan minuman buatan sendiri dengan kadar gula dan garam rendah.

Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat menurunkan risiko pembentukan plak di arteri yang menurunkan aliran darah. Kuncinya adalah bangkit dan bergerak, berjalan-jalan, atau melakukan push-up atau sit-up. 

Sesuai rekomendasi WHO, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik / latihan setidaknya 150-300 menit setiap minggu.

Mengelola stres dan kesejahteraan mental

Mengelola stres dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Stres sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan membuat tubuh terpapar pada peningkatan kadar hormon stres. Ada latihan pernapasan dan meditasi yang dapat membantu mengelola stres.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umum dan salah satu penyebab utama penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, dan lain-lain. Seseorang harus terus memeriksakan tekanan darah dan mengonsumsi makanan yang membantu mengurangi hipertensi.

Meskipun tindakan pencegahan di atas dapat membantu menjaga kesehatan jantung, penting, terutama bagi pasien jantung untuk memantau jantungnya secara teratur.

Munculnya teknologi medis seperti pemantauan detak jantung yang memungkinkan pasien untuk memantau jantung mereka di rumah. Pasien bisa mengirimkan informasi kepada dokter mereka dari rumah.

YesDok Ads