Tips Tetap Sehat Secara Mental Selama Wabah Corona

April 13, 2020 | Helmi

kesehatan mental

Pandemi virus korona yang memperlambat aktivitas sehari-hari. Tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik kita, tetapi juga menciptakan ketakutan, kecemasan, dan masalah kesehatan mental yang merugikan lainnya.

Seperti di New York misalnya, mereka membentuk hotline kesehatan mental dengan 6.000 profesional kesehatan mental yang siap membantu warga New York yang membutuhkan dukungan emosional.

Di antara para profesional itu adalah Elizabeth Siematkowski, konselor kesehatan mental berlisensi yang berbasis di Colton, St. Lawrence County, New York. Ia membagikan tips untuk menjaga kesehatan mental yang akan membantu Anda melewati pandemi coronavirus:

Jadi lebih bersimpati pada diri sendiri

Kecemasan dapat memunculkan kita yang terburuk terutama dalam menghadapi krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti pandemi coronavirus.

"Kecemasan adalah ketidakpastian. Itulah kecemasan dan kita manusia benar-benar tidak melakukannya," kata Siematkowski.

Siematkowski menyarankan agar Anda beralih dari mengkritik diri sendiri menjadi lebih bersimpati. Dia menambahkan, "Penghakiman atau harapan ekstra tentang apa yang harus kita lakukan dan bagaimana perasaan kita sebenarnya hanya menghabiskan energi kita sehingga kita perlu bergerak lebih melalui waktu ini."

Jujur Dengan Perasaan Anda

YesDok Ads

"Ketika kami merasa tidak nyaman, kami cenderung ingin menghindari perasaan itu. [...] Kami tidak suka itu," kata Siematkowski. "Akan sangat aneh jika seseorang tidak merasa kesal atau terpengaruh oleh ini pada tingkat tertentu."

Dia menyarankan mencoba membantu membuat diri Anda merasa senyaman mungkin, dengan melakukan kegiatan yang akan membuat Anda merasa terangkat secara mental. Lakukan beberapa hal yang Anda sukai di dalam rumah.

"Semakin banyak waktu di tangan kita, semakin sedikit kita merasa tertekan," ujar Siematkowski

Cari Terapi

"Datang ke terapi adalah membantu dirimu sendiri. Itu adalah alat di gudang kesehatanmu sekarang," kata Siematkowski. "Itu adalah sesuatu yang telah kamu inisiatifkan untuk hidupmu, untuk menyisihkan waktumu, dan untuk menjaga pikiran dan emosimu."

Ia menyarankan mencoba layanan telehealth yang bisa dijangkau kapanpun dan dimanapun. "Coba (layanan telehealth). Mungkin berikan satu atau dua sesi,” kata Siematkowski. Ia juga menyarankan untuk memeriksa kredibilitas dokter-dokter yang ada.

YesDok menyediakan layanan konsultasi kesehatan 24 jam. Anda bisa berkonsultasi seputar kesehatan dengan dokter-dokter profesional yang telah terdaftar. Melalui aplikasi YesDok di smartphone Anda, Anda dapat dengan mudah melakukan konsultasi di mana pun dan kapanpun.

(Foto: Freepik/kay4yk)

YesDok Ads