Tips Tetap Bugar Meski sedang Cedera

February 24, 2020 | Iman

Recovery

Cedera memang membuat segalanya seperti neraka. Lihat saja beberapa atlet beken seperti Neymar, Marc Marquez bahkan atlet kebanggaan Tanah Air Anthony Ginting juga tak luput dari gangguan cedera. Ada saja seseorang yang tidak ingin berhenti olahraga meski sedang cedera, lantas apakah ini keliru?

Cedera bukan berarti Anda kehilangan segalanya dan menghentikan aktivitas. Dilansir Runners World, berikut beberapa cara yang Anda perlu lakukan untuk tetap bugar meski sedang mengalami cedera.

Berlatih Merawat Diri

Kesehatan mental Anda adalah sesuatu yang harus Anda fokuskan secara teratur ketika Anda cedera. Sibukkan diri dengan hal-hal positif seperti meditasi, membaca buku ketika Anda harus merelakan hari-hari tanpa latihan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meluangkan waktu untuk perawatan diri melaporkan merasa kurang stres dan memiliki kualitas hidup lebih baik.

Cobalah Bentuk Latihan Lain

Aktivitas ringan akan membantu mengurangi kekakuan dan nyeri tubuh. Anda bisa coba olahraga variasi yang lebih ringan dari latihan biasanya seperti berenang, bersepeda atau berjalan kaki. Manfaatkan lingkungan Anda sekitar untuk tetap aktif dan sehat.

YesDok Ads

Sesuaikan Pola Makan dan Nutrisi dengan Tingkat Aktivitas Anda

Jika Anda tidak berolahraga berat seperti biasanya, maka Anda membakar lebih sedikit kalori. Itu berarti Anda mungkin tidak perlu makan dengan cara yang persis sama seperti yang Anda berlatih intensitas berat. Perhatikan hal-hal kecil seperti porsi, dan kandungan bahan-bahan terkait dalam menu makanan Anda.

Sebuah penelitian juga menyarankan agar Anda makan dengan lebih tenang demi sedikit kalori. Cobalah mengunyah setiap suap setidaknya 10 kali. Pada saat mulut Anda selesai mengunyah, perut Anda akan merasakan kenyang dan otak Anda akan mendapatkan petunjuk bahwa sudah waktunya untuk berhenti makan.

Ketahui Tingkat Metabolisme Istirahat Anda

Mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari dapat membantu Anda menghindari makan berlebih dan karenanya merasa sangat lelah dan bukan yang terbaik. Ada banyak cara untuk membantu Anda menentukan berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Anda dapat menggunakan aplikasi, atau cukup menghitung kebutuhan Anda sendiri berdasarkan tingkat metabolisme istirahat Anda atau jumlah total kalori yang terbakar ketika tubuh Anda benar-benar dalam keadaan istirahat.


(Foto: ionichealth)

YesDok Ads