Diet
+1

Tips Terbaik Untuk Memulai Puasa Intermiten

December 30, 2019 | Kaifia

Seorang pria sedang mengonsumsi makanan sehat.

Puasa intermiten bukanlah diet melainkan pendekatan tepat waktu untuk makan. Tidak seperti rencana diet yang membatasi kalori Anda, puasa intermiten tidak menentukan makanan apa yang harus dimakan atau dihindari seseorang. Puasa intermiten mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, tetapi tidak cocok untuk semua orang.

Pertamanya, Anda mungkin agak sulit untuk makan selama waktu singkat setiap hari atau berganti-ganti antara hari-hari makan dan tidak makan. Artikel ini memberikan tips tentang cara terbaik untuk memulai puasa, termasuk merencanakan makanan, dan menetapkan kebutuhan kalori.

Puasa intermiten adalah metode populer yang orang kerap gunakan untuk:

  • Membuat hidup lebih sederhana dan simpel

  • Menurunkan berat badan

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, seperti meminimalkan efek penuaan

Meskipun berpuasa aman bagi kebanyakan orang yang sehat dan bergizi baik, mungkin tidak sesuai bagi seseorang yang memiliki penyakit.

Identifikasi tujuan pribadi

Biasanya, seseorang yang memulai puasa intermiten memiliki tujuan dalam pikirannya. Mungkin untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, atau meningkatkan kesehatan metabolisme. Tujuan utama seseorang akan membantu mereka menentukan metode puasa yang paling cocok dan menentukan berapa banyak kalori dan nutrisi yang perlu mereka konsumsi.

Tetapkan kebutuhan kalori 

YesDok Ads

Tidak ada batasan diet saat berpuasa, tetapi ini tidak berarti kalori tidak masuk hitungan.

Orang yang ingin menurunkan berat badan perlu membuat defisit kalori untuk diri mereka sendiri, ini berarti mereka mengonsumsi lebih sedikit energi daripada yang mereka gunakan. Apabila Anda ingin menambah berat badan, perlu mengonsumsi lebih banyak kalori.

Rencanakan jadwal makan 

Seseorang yang ingin menurunkan atau menambah berat badan mungkin merasa terbantu untuk merencanakan apa yang akan mereka makan pada siang hari atau di malam hari.

Perencanaan makan tidak perlu terlalu ketat. Ini mempertimbangkan asupan kalori dan memasukkan nutrisi yang tepat ke dalam makanan.

Menghitung banyaknya kalori saat berpuasa 

Tidak semua kalori sama. Meskipun metode puasa ini tidak menetapkan batasan berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi seseorang saat puasa, penting untuk mempertimbangkan nilai gizi makanan.

Secara umum, Anda harus mengonsumsi makanan padat nutrisi, atau makanan dengan jumlah nutrisi yang tinggi per kalori. Meskipun seseorang mungkin masih enggan untuk meninggalkan junk food sepenuhnya, mereka masih harus fokus pada pilihan yang lebih sehat untuk mendapatkan manfaat maksimal.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads