Sexuality
Adult
+1

Tips Simpel Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Vagina

May 11, 2019 | Helmi

Menjaga vagina untuk tetap bersih menjadi topik penting bagi para perempuan. Belum lagi hadirnya produk-produk pembersih seperti douche dan parfum yang dirilis, membuat setiap perempuan mempertanyakan apakah mereka membutuhkannya untuk menjaga kebersihan vagina mereka

Dr Petra Simic dari Bupa UK mengatakan kepada Netdoctor, "Vagina menggunakan cairan alami sendiri untuk menjaga kebersihannya, jadi tidak perlu mencucinya dengan apa pun selain air hangat."

Namun jika Anda masih khawatir tentang menjaga vagina Anda agar tetap bersih dan sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keputihan dan gatal yang tidak biasa. Berikut tipsnya:

Jaga Kesehatan Anda

Diet yang seimbang, berhenti merokok dan berolahraga secara teratur akan mendorong vagina yang sehat. Nikotin dapat menghambat gairah seksual, sementara berlari dan berjalan membantu menjaga agar dasar panggul tetap kencang dan berkontribusi dalam menjaga berat badan yang sehat.

YesDok Ads

Membersihkan Vagina dengan Benar

Ada banyak bakteri di usus yang memiliki fungsi normal di usus. Anus sangat dekat dengan vagina dan tabung yang mengalir ke kandung kemih, yang disebut uretra. Anda harus menyeka dari depan ke belakang guna mengurangi kemungkinan penyebaran infeksi dari anus ke vagina dan kandung kemih. 

Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dan pasangan Anda ejakulasi di dalam vagina, kehadiran sperma bisa sangat merepotkan bagi beberapa perempuan.

Pasalnya telah terbukti bahwa sperma dapat mengubah pH vagina dan juga mengubah respons sistem kekebalan tubuh. Bahkan pada beberapa orang bisa menyebabkan iritasi. Untuk meminimalisir hal ini, Anda dapat melakukan air kecil segera mungkin setelah berhubungan seks.

YesDok Ads