0 Point
Menstruasi

Tips Sederhana Atasi Rasa Sakit Selama Periode Menstruasi

Menstruasi bisa menyakitkan, secara harfiah ini dialami semua wanita. Hampir tidak adil bagi kita para wanita untuk menghadapi rasa sakit selama periode yang dapat mengganggu rutinitas kita sehari-hari.

Kombinasi kram, kembung, perubahan suasana hati, rasa sakit yang hebat, dan masalah pencernaan bisa menjadi sangat tak tertahankan. Namun ketidaknyamanan ini dapat diatasi dengan beberapa tips berikut.

1. Tetap terhidrasi

Gejala dehidrasi adalah sakit kepal hingga kembung karena retensi air. Minum banyak air menjaga diri tetap terhidrasi sehingga dapat mengurangi kembung karena menstruasi. Alternatif untuk tetap terhidrasi juga dengan meningkatkan asupan makanan berbasis air seperti selada, semangka, atau buah beri.

2. Makan sayur

Saat kehilangan darah setiap bulannya tubuh bisa saja kehilangan zat besi dalam tubuh, yang membuat kita merasa lesu dan lesu. Makan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung dapat meningkatkan kadar zat besi. Jika Anda bosan makan sayuran berdaun, tambahkan brokoli kukus agar lebih renyah alternatif secara penyajian.

3. Minum teh anti-inflamasi

Teh jahe, teh lemon, teh kunyit, teh adas, teh peppermint semuanya bagus untuk mengurangi peradangan dan kembung yang menyebabkan nyeri otot selama periode Anda. Teh adalah minuman ajaib yang dapat membantu Anda mengurangi kejang otot hingga menenangkan Anda selama masa sulit.

4. Mengonsumsi cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan yang paling sering diidamkan selama menstruasi dan ini mengatasi keinginan tersebut dengan meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

5. Hindari gula, alkohol dan makanan olahan

Mengonsumsi makanan ini secara berlebih menyebabkan lonjakan energi diikuti oleh tabrakan langsung yang memperburuk suasana hati. Makanan-makanan tersebut juga menghambat bakteri usus baik yang menyebabkan efek buruk selama menstruasi.

6. Kurangi produk susu

Menghilangkan produk susu, terutama susu sapi mengurangi nyeri haid. Hal ini karena hormon yang ada dalam susu yang memiliki hubungan langsung dengan keseimbangan hormon tubuh kita yang menyebabkan nyeri haid.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok