Tips Perawatan Kulit Sebelum Berolahraga

April 23, 2020 | Claudia

wanita asia mengikat rambut

Melakukan olahraga tentu sangat bagus untuk kebugaran tubuh. Terlebih di tengah kondisi pandemi seperti ini, rutin berolahraga dapat sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan penyakit.

Tapi, jangan lupakan juga kesehatan kulit Anda. Banyak orang melupakan kondisi kulit mereka ketika berolahraga. Tak heran, jika setelah melakukan rutinitas latihan fisik ini banyak yang mengeluhkan berbagai masalah kulit seperti jerawat.

Jika Anda ingin berolahraga dengan aman tanpa mengeluhkan masalah kulit kemudian, Anda bisa melakukan perawatan kulit sebelum berolahraga berikut ini:

Bersihkan wajah dengan baik

Sangat penting untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga atau latihan fisik. Membersihkan kulit, dapat membantu menyingkirkan berbagai kotoran yang menumpuk di kulit. Ini dapat membuka pori-pori dan membersihkannya secara menyeluruh, sehingga kulit Anda lebih siap saat Anda berolahraga.

Pakai lip balm

Latihan fisik dapat membuat Anda lelah dan terengah-engah, dan ini bisa membuat kulit bibir menjadi lebih kering. Belum lagi kebiasaan buruk seperti menjilat bibir, ini juga akan memperparah kondisi kulit bibir dan membuatnya pecah-pecah. Lip balm dapat sangat baik untuk menutrisi kulit bibir Anda selama berolahraga. Selain itu, pemakaian lip balm juga mencegah kita dari kebiasaan menjilat bibir.

Jangan gunakan makeup

Banyak orang yang berolahraga hanya sekadar untuk pamer di media sosial. Ini membuat mereka menggunakan riasan atau makeup yang tebal saat berolahraga. Sayangnya, olahraga dengan makeup yang menempel di kulit sangat tidak dianjurkan. Makeup dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit. Ditambah lagi, Anda akan terus berkeringat ketika berolahraga, yang mana dapat semakin memperburuk kondisi kulit yang ber-makeup. Bersihkan dulu makeup Anda sebelum mulai berolahraga, jika tak ingin kulit Anda berakhir dengan banyak masalah.

Ikat rambut Anda

Menjauhkan rambut dari kulit wajah saat berolahraga, akan sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Rambut Anda cenderung lebih berminyak saat berolahraga, jika rambut dalam kondisi ini terus-menerus menyentuh kulit Anda, maka yang terjadi selanjutnya adalah iritasi di kulit. Tak jarang, hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat-jerawat mengganggu di kulit wajah Anda. Ikatlah rambut Anda saat berolahraga, ini dapat sangat baik untuk mencegah masalah kulit selain itu juga membuat Anda tidak kegerahan selama berolahraga.

(Foto: Freepik/sevendeman)

YesDok Ads