Tips Pencegahan Demam Berdarah Sedini Mungkin

October 31, 2021 | Iman

Nyamuk demam berdarah

Selama beberapa pekan terakhir, terjadi peningkatan terus-menerus dalam jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di beberapa daerah. Perubahan musim adalah alasan utama di balik kenaikan kasus DBD menjadi parah, terlebih karena varian baru yang beredar.

Virus dengue, menyebar melalui virus yang terinfeksi gigitan nyamuk aedes aegypti. Dengan infeksi seperti itu, yang menyebar terutama melalui gigitan nyamuk, akan sangat sulit untuk membedakan antara gigitan nyamuk biasa dan gigitan nyamuk demam berdarah. 

Nyamuk aedes aegypti cenderung paling aktif di siang hari, dan dikatakan bahwa kemungkinan infeksi paling mungkin terjadi pada pagi dan sore hari. Menurut studi, nyamuk tersebut paling aktif di siang hari dan jarang ditemukan kasus menggigit orang setelah matahari terbenam.

Ciri lain yang mencolok dari gigitan demam berdarah ini adalah tempat di mana nyamuk menggigit seseorang. Dikatakan ia menargetkan bagian tubuh seperti di sekitar pergelangan kaki, siku. Juga harus diingat bahwa satu gigitan nyamuk sudah cukup untuk menginfeksi seseorang dan menyebar ke seluruh gejala.

Meski membingungkan, tidak semua gigitan nyamuk bisa menyebabkan demam berdarah. Salah satu tanda pengenalan yang mungkin dari virus penyebab demam berdarah bisa menjadi tanda berwarna gelap dan putih di bagian bawah tubuh, dan kaki. DBD menyebar melalui telur di tempat-tempat yang memiliki air, hanya virus nyamuk betina yang mampu menyebabkan infeksi.

Masa inkubasi virus dengue, yaitu waktu antara gigitan nyamuk hingga infeksi yang terjadi di dalam tubuh diambil 4-10 hari. Namun, para ahli mengatakan bahwa gejalanya dapat muncul di mana saja setelah itu, dan menyebabkan tanda dan gejala yang berbeda, tergantung pada faktor risiko, usia, dan penyakit yang sudah ada sebelumnya.

YesDok Ads

Dengan demam berdarah, ada juga tingkat keparahan yang terkait dengan jenis virus DENV-2 saat ini. Sama pentingnya dengan memperhatikan kemungkinan tanda-tanda memburuk, mengetahui, dan bertindak berdasarkan tanda-tanda awal dapat mendorong diagnosis yang tepat. Tanda-tanda awal infeksi yang paling umum meliputi:

-Demam tinggi, biasanya lebih dari 103 derajat Fahrenheit
-Pegal-pegal
-Menggigil dan lemas
-Sakit sendi dan tulang
-Nyeri di perut dan perut
-Ruam, kemerahan di mata
-Mual 

Harus diingat bahwa demam berdarah tetap menjadi infeksi yang paling baik dilawan dengan perawatan pencegahan, dan dapat sepenuhnya dihindari selama ada praktik kebersihan yang baik diikuti. Untuk melindungi diri Anda selama musim demam berdarah yang merajalela saat ini, berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan sedini mungkin:

-Bersihkan dan disinfeksi sumber air yang tergenang dan hindari genangan air.
-Ganti air di tempat makan hewan peliharaan setiap hari.
-Kenakan pakaian berlengan penuh agar tidak terkena nyamuk
-Menggunakan lotion anti nyamuk.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads